sakit jantung

Makanan Tepat Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Serangan jantung koroner adalah kondisi yang dialami seseorang ketika ada salah satu arteri yang mengalami penyumbatan akibat adanya gumpalan darah. Hal ini menyebabkan aliran darah tidak bisa mengalir lancar dan berdampak pada terganggunya suplai oksigen. Serangan ini bisa terjadi secara mendadak dan dapat menyebabkan penderitanya mengalami kondisi kritis atau bahkan meninggal. Itulah sebabnya banyak yang berusaha mencari cara mencegah penyakit Jantung agar tidak mengalami hal ini.

Sebenarnya ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini, salah satunya adalah dengan menjaga pola dan menu makanan yang dikonsumsi. Bahkan, dengan pemilihan menu makan yang tepat, Anda tidak sakit jantunghanya mengurangi resiko Anda terkena penyakit ini saja, tetapi juga beberapa penyakit kritis lainnya. Untuk menu makanan sehat yang dimaksud seperti yang tertulis pada situs webm yaitu:

  • Ikan mengandung lemak. Beberapa contoh ikan ini adalah tuna, salmon, mackerel. Lemak yang dimaksud di sini tentu saja lemak yang bermanfaat, yaitu lemak omega-3 yang terbukti menurunkan trigliserida, meningkatkan kadar kolestrol HDL, meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan menipiskan sel darah sehingga mengurangi resiko penggumpalan darah.
  • Minyak sayur. Beberapa ciontohnya adalah kedelai dan jagung. Mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol LDL jika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh (mentega).
  • Buah dan sayuran. Sudah jelas kan, kedua jenis makanan ini mengandung berbagai zat yang sangat penting bagi kesehatan. Jadi tentu saja penting untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup setiap harinya.
  • Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Contohnya seperti roti gandum, sereal dan kacang polong. Untuk beberapa jenis nasi dan pasta yang baik untuk penderita diabetes juga bisa dikonsumsi karena selain mencegah penyakit ini, juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam teh bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah penimbunan lemak di arteri (pembuluh darah). Antioksidan juga memiliki manfaat lain sebagai agen anti pembekuan darah dan meningkatkan pelebaran pembuluh darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan.

Selain ke-5 jenis yang telah disebutkan, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan lain yang mengandung vitamin E cukup tinggi. Seperti alpukan, sayuran hijau dan beberapa jenis makanan lainnya.