Lokal vs Impor?

, , Comment closed

lokal

TubasMedia.com

Besarnya daya konsumtif orang Indonesia untuk barang yang cukup tinggi, meskipun harga barang-barang impor sangat mahal. Hal terbesar yang mempengaruhi ini adalah gengsi, banyak yang memilih untuk membeli tas casual wanita branded impor daripada tas casual wanita lokal karena merasa barang impor lebih berkelas. Padahal banyak sekali pilihan barang lokal yang tidak kalah bagus dan berkualitas untuk menjadi pilihan, ditambah lagi tidak adanya biaya pajak impor yang membuat tas lokal memiliki harga yang lebih terjangkau.

Perkembangan zaman, globalisasi dan kemajuan teknologi juga sangat mendukung perilaku konsumtif ini. Misalnya seperti  trend tas terbaru yang sedang in bisa kamu temukan di genggaman tangan, cukup bermodalkan smartphone dan kuota internet. Trend ini juga biasanya dimulai oleh tokoh-tokoh dari luar yang nantinya akan dipopulerkan lagi oleh tokoh-tokoh terkenal di Indonesia (biasanya selebriti). Informasi-informasi tersebut didukung lagi dengan mudahnya barang-barang impor masuk dan dijual di Indonesia. Tidak sedikit juga brand-brand terkenal dari luar negeri membuka cabang toko resminya di Indonesia, membuat barang lokal menjadi pilihan nomor sekian.

Padahal kenyataannya barang produksi lokal memiliki banyak kelebihan yang tidak dapat dimiliki barang-barang impor, seperti ini contohnya:

  • Untuk Pribadi
  • Kamu akan memiliki barang yang original dan beda dari yang lain. Karena pada umumnya orang Indonesia hanya mengikuti trend yang sedang in membuat penampilan kebanyakan orang menjadi monoton dan sama. Dengan kamu membeli produk lokal, kamu Akan mendapatkan barang yang memiliki desain yang khas dan jarang orang lain miliki, membuat penampilan kamu jadi beda dari yang lainnya. Mengikuti trend memang seru, namun lebih seru lagi kalau kamu yang menjadi trendsetter!
  • Memiliki produk karya anak bangsa bisa membuat kamu merasa bangga. Kamu bisa memarkan barang lokal kamu ke dunia luas. Perlihatkan cinta dan rasa bangga kamu dengan membeli barang lokal!
  • Untuk Negara
  • Mendukung karya anak bangsa bisa membuat produsen-produsen barang lokal menjadi bersemangat untuk meningkatkan kualitas barang dagangannya. Hal ini bisa menjadi pendorong barang lokal untuk berkompetisi dengan barang impor. Tidak sedikit juga produsen barang lokal yang sudah memiliki standar internasional untuk memproduksi barang dagangan mereka. Kualitas yang bagus dan ide yang original bisa menarik perhatian dunia!
  • Membeli produk lokal berarti kamu telah membantu untuk mensejahterakan Indonesia. Kamu membantu secara perekonomian orang-orang lokal dan tanpa kamu sadari kamu telah meningkatkan pendapatan negara. Selain itu, semakin besar permintaan barang semakin besar lapangan pekerjaan yang kamu buat. Jelas ini sangat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan secara finansial.

 

Membeli produk lokal adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap hasil karya anak bangsa. Ayo dukung produk lokal untuk Indonesia yang lebih sejahtera! (Della)