Kurang Vitamin E, Ini Dampak Buruk yang Ditimbulkan!

, , Comment closed

Apakah Anda sudah mencukupi asupan vitamin dalam tubuh? Jika belum, jangan sampai lupa untuk mencukupinya, ya! Mengapa? Yap, ini bukan tanpa alasan, vitamin sendiri sangat berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh serta ampuh dalam menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu saja, rutin mengonsumsi vitamin untuk tubuh fit ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Untuk itulah, Anda sangat disarankan untuk memenuhi nutrisi dari vitamin ini.

Nah, bicara mengenai vitamin, ada loh salah satu vitamin yang jangan sampai terlewatkan untuk dikonsumsi, yakni vitamin E. Vitamin E ini kaya akan kandungan antioksidan sehingga dapat membantu menjaga sistem ketahanan tubuh. Meskipun demikian, kekurangan vitamin E ini pun dapat memberikan dampak negatif untuk tubuh, berikut di antaranya: (source: klikdokter)

  1. Kemampuan kognitif mengalami penurunan. Efek paling fatal yang ditimbulkan saat tubuh kekurangan asupan dari vitamin E ini adalah kemampuan kognitif mengalami penurunan. Hal ini karena otak sangat sensitif terhadap serangan radikal bebas, jika tubuh kekurangan vitamin E
    vitamin e

    vitamin e

    tentu akan memudahkan kemunculan dari radikal bebas tersebut. Vitamin E sendiri berfungsi dalam menangkal segala radikal bebas yang masuk ke tubuh.

  2. Respon sistem imun menjadi terhambat. Siapa yang bisa menduga, kekurangan vitamin E ternyata bisa menghambat respon sistem imun dalam menangkal zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh sehingga memicu kemunculan penyakit berbahaya. Efeknya, tentu tubuh lebih gampang diserang oleh penyakit dan butuh waktu cukup lama dalam proses penyembuhannya.
  3. Penglihatan menjadi terganggu. Melansir dari klikdokter, vitamin E dipercaya dapat mencegah perkembangan dari degenerasi macula. Di mana, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan dalam melihat garis lurus serta dapat mengganggu kesehatan mata. Di samping itu, vitamin E juga sangat berperan penting dalam melindungi mata, jika kekurangan vitamin satu ini dapat membuat penglihatan terganggu.
  4. Otot tubuh melemah. Dampak lainnya yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan vitamin E ini adalah menyebabkan otot tubuh melemah. Kok, bisa? Yup, ini karena inti sel otot dalam tubuh berhasil diserang oleh radikal berbahaya sehingga membuat otot menjadi rapuh. Seperti yang kita ketahui, vitamin E sendiri berperan penting untuk memperbaiki membran plasma, tujuannya tentu membuat otot bekerja dengan sangat baik. Karena itu juga, mengonsumsi vitamin E menjadi salah satu cara untuk mengatasi jari tangan kram dan kesemutan.

Itulah beberapa dampak buruk yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan asupan vitamin E.