Komik Klasik dari Jepang yang Populer di Tahun 90an

, , Comment closed

Di era millenials seperti sekarang, anak-anak muda masa kini cenderung memilih membaca komik dengan merk handphone terbaik mereka yang supercanggih. Bagaimana tidak, aplikasi untuk membaca komik sudah menjamur, komik apa saja kini bisa dibaca secara online, dan serunya mereka bisa membaca di mana saja dan kapan saja. Berbeda sekali kondisinya dengan tahun 90-an, di mana anak-anak pada masa itu harus menabung demi membeli komik yang mereka inginkan. Kamu tentunya masih ingat deh dengan komik-komik berikut ini yang super populer pada masanya:

  1. Candy Candy

    Candy Candy

    Candy Candy

Pertama kali terbit pada April 1975, Candy Candy bercerita tentang seorang anak perempuan berambut pirang bernama Candice “Candy” White Audrey yang tinggal di panti asuhan di mana ia bertemu dengan anak laki-laki yang ia sebut sebagai “Prince of Pony Hill”. Ketika ia berusia tiga belas tahun, Candy diadaptasi oleh Lagan Family dan kemudian disekolahkan di sekolah elit yakni St. Paul’s College. Di sana, ia bertemu dengan Terry Grandchester. Kisah cinta Candy bermula di sekolah ini antara Terry dan “Prince of Pony Hill”, pangeran yang menyelamatkannya ketika usia 6 tahun.

 

 

  1. Cardcaptor Sakura

    Cardcaptor Sakura

    Cardcaptor Sakura

Manga Cardcaptor Sakura pertama kali diterbitkan pada majalah manga bulanan yakni Nakayoshi pada tahun 1996. Setelah 12 volume, kisah tentang Sakura Kinomoto, 14 tahun, yang menerima kekuatan magis dari kartu ajaib ini akhirnya selesai di tahun 2000. Cardcaptor Sakura langsung melejit popularitasnya begitu salah satu stasiun televisi menayangkan anime ini. Bahkan di Indonesia sendiri, kartun ini sempat ditayangkan di tv lokal dan menuai kesuksesannya yang sama. Nah, di Juli 2016 lalu, Nakayoshi mengatakan bahwa mereka akan merilis sekuel dari komik ini dengan berfokus pada kehidupan Sakura sebagai siswa SMP.

 

 

  1. Kung Fu Boy

    kungfu boy

    kungfu boy

Dikenal pula sebagai Ironfist Chinmi, manga ini dibuat oleh Takeshi Maekawa dan pertama kali terbit sejak tahun 1983 hingga 1997 dengan total 35 volume. Karakter utama dari komik ini adalah Chinmi, yang memiliki bakat di bidang bela diri. Pada suatu hari, seorang senior dari Dairin Temple mendapati bahwa Chinmi memukuli orang di restoran kakak perempuannya. Senior ini kemudian meminta Chinmi datang ke Dairin Temple untuk mendapatkan pelatihan.

  1. Inuyasha

Kisah yang rumit namun penuh humor antara Inuyasha dan Kagome Higurashi juga tidak boleh dilewatkan. Manga ini sangat populer di antara anak-anak dan tamat setelah terbit sebanyak 56 volume. Saking populernya, Inuyasha juga sempat dibuat animenya dan tayang di televisi dengan total episode sekitar 167. Komik ini ditulis dan digambar oleh Rumiko Takashi, manga artist yang juga populer melalui komik berjudul Ranma ½.

  1. Kobo Chan

Komik yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari dari anak laki-laki bernama Kobo ini tanpa disangka sangat menarik untuk diikuti. Tidak ada konflik yang dramatis, tidak ada adegan yang meledak-ledak, dan justru itulah mengapa komik ini sangat menyentuh. Ringan dan mengingatkan kita pada kehidupan yang tengah kita jalani. Kobo Chan pertama kali terbit pada koran Yomiuri Shimbun di tahun 1982 dan kemudian diterbitkan dalam bentuk komik di tahun 1990.

Nah, coba kamu yang mengaku anak tahun 90-an, komik mana saja yang sudah kamu baca? Atau semuanya telah kamu baca nih? Coba share, dong!