Kesuksesan Kdrama Kini Bergantung Pada Creative Plot

, , Comment closed

Kdrama telah mengalami kesuksesan yang cukup signifikan, tidak hanya pada penonton lokal namun juga untuk penonton internasional. Lihat saja kesuksesan dari drama Guardian: The Lonely and Great God, Love in the Moonlight, atau bahkan Descendants of the Sun, yang tayang di tv kabel dan dibeli lisensinya untuk tayang di luar negeri. Kesuksesan drama ini cukup luar biasa dan membuat nama Korea Selatan semakin melambung di kancah internasional.

Banyak yang menyangka bahwa kesuksesan drama ini sangat bergantung pada pemerannya yang bertabur bintang. Seperti Guardian: The Lonely and Great God yang juga dikenal sebagai Goblin, misalnya. Drama ini dibintangi oleh Gong Yoo, Lee Dong Wook, Kim Go Eun, Yoo In Na, dan juga Yook Sung Jae. Tidak hanya itu, drama ini juga digarap dengan kolaborasi dari sutradara Lee Eun Bok dan penulis Kim Eun Sook yang sebelumnya sukses menghadirkan drama Descendants of The Sun untuk penonton. Drama bertabur bintang ini sudah sepantasnya sukses, setidaknya begitulah yang dipikirkan

dorama goblin

dorama goblin

oleh kebanyakan orang.

Namun demikian, fakta yang bicara di lapangan tidaklah seperti itu. Drama Goblin bisa sukses, semata karena kekreatifan dalam plotnya yang dianggap menjadi angin segar di tengah ‘seragamnya’ jalan cerita di kdrama. Beberapa tahun belakangan, studi tentang Kdrama menghasilkan satu kesimpulan baru yang cukup mengejutkan: sekarang ini, kesuksesan sebuah drama tak lagi bergantung pada pemeran dalam drama atau seberapa besar budget yang digunakan dalam drama tersebut. Dalam February report yang dirilis oleh Korea Creative Content Agency (KOCCA), hasil penelitian tersebut menemukan fakta bahwa eksplorasi jalan cerita dan seberapa kreatif plot dalam drama tersebut memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah drama. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengambil sampel penonton dari Korea, Amerika Serikat, dan juga Brazil. Hasil penelitian ini mematahkan fakta bahwa memilih aktor atau aktris dengan fandom yang besar akan sebanding dengan kesuksesan yang didapatkan.

Penelitian ini tentunya tidak dibuat tanpa menghadirkan fakta yang nyata. Kita bisa melihat fenomena ini dari drama yang tayang beberapa waktu belakangan. Seperti Uncontrollably Fond, drama yang dibintangi oleh Kim Woo Bin dan juga Suzy, dua bintang yang populer dan dicintai banyak orang. Drama ini tidak berakhir manis seperti yang diharapkan oleh semua orang. Ratingnya tidak begitu bagus dan kritik tajam pun menghujani drama ini. Alasannya? Semata karena jalan ceritanya yang mudah tertebak dan juga masalah lain terkait produksi. Hal yang sama juga menimpa Tomorrow with You yang dibintangi oleh Lee Je Hoon dan juga Shin Min Ah serta Entourage yang bertabur bintang.

Untuk itu, menurut Kwon Ho Young, salah satu peneliti dari KOCCA, industri kdrama harus melihat fenomena ini sebagai lahan untuk mengembangkan diri. Cari bakat-bakat dari penulis baru yang mampu melihat fenomena sosial dan merajutnya menjadi sebuah drama yang baru, kreatif, dan menarik untuk ditonton. Bagaimana menurutmu?