Kenali Tanda Dinamo Starter Mobil Rusak

, , Comment closed

Dinamo starter mobil rusak memang menjadi masalah yang serius. Pasalnya, saat komponen ini tiba-tiba rusak di tengah jalan, tentu dapat mengganggu laju kendaraan sekaligus bisa membahayakan keselamatan penumpang yang berada di dalamnya. Bagi Anda yang sudah memiliki Asuransi Mobil TLO dari asuransi umum Chubb, kondisi seperti ini tentu bukanlah masalah besar karena adanya fasilitas derek gratis di wilayah Jabodetabek.

Sebenarnya cara mengenali dinamo starter mobil rusak ini sangat mudah sekali, loh. Anda tinggal memerhatikan beberapa tanda berikut:

  1. Lampu bagian depan tidak menyala. Anda pernah menemukan kejadian dimana lampu depan mobil tidak mau menyala, padahal komponen bagian dalam mobil tidak rusak? Matinya lampu bagian depan bisa disebabkan karena kualitas lampu yang sudah mulai berkurang. Tetapi ini bisa saja menjadi pertanda kerusakan dinamo starter mobil yang disebabkan oleh open circuit. Sambungan baterai yang tidak mengalirkan arus dengan baik ke bagian mesin starter tentu dapat membuat dinamo starter rusak.
  2. Terdengar bunyi gilingan yang cukup kasar. Saat menyalakan mobil, apakah Anda pernah mendengar bunyi gilingan yang sangat kasar? Jika pernah, tidak menutup kemungkinan terjadi pengeroposan pada komponen flywheel dan gerigi pinion wheel, serta pengenduran pada mounting bolt
    dinamo starter

    dinamo starter

    starter. Kondisi-kondisi tersebut tentu dapat memengaruhi dinamo starter mobil dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

  3. Keluar bunyi dengung. Ketika men-starter mobil, Anda mungkin pernah mendengar bunyi dengung. Nah, tahukah Anda bahwa bunyi dengung pada mobil ini disebabkan oleh kerusakan pada sambungan listrik di sepanjang rangkaian starter yang mengakibatkan arus listrik tidak mengalir dengan sempurna. Hasilnya, mobil akan sulit menyala saat distarter.

Apakah salah satu dari tanda di atas terjadi pada mobil Anda? Jika ya, langsung bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk menghindari supaya dinamo starter tidak semakin rusak. Semoga bermanfaat, ya!