Kenal Lebih Dalam Mengenai Kredit Tanpa Agunan

, , Comment closed

Pinjam uang, siapa sih yang benar-benar gak pernah melakukan ini selama hidupnya? Pastinya meskipun hanya sedikit semua orang pernah melakukannya. Contoh sederhananya saja, Anda sedang makan bersama dengan rekan kerja, pada saat bill keluar biasanya akan ada satu orang yang menalangi pembayarannya terlebih dahulu. Setelah itu baru deh hitung-hitungan dan kemudian membayar ke teman yang menalangi tersebut. Benar, kan? Memang sih untuk kasus tersebut jangka waktunya pendek, namun tetap saja termasuk kategori pinjam uang.

Namun untuk pinjaman uang yang akan kita bahas kali ini merupakan salah satu produk keuangan dari Bank yang menjadi favorit masyarakat saat ini, yaitu KTA atau kredit tanpa agunan. Mungkin banyak yang sudah mengetahui produk ini, namun untuk yang belum mengetahuinya kredit tanpa agunan artinya sama dengan kredit tanpa jaminan. Eh kok bisa? Hmm, pasti banyak dari Anda yang berpikir begitu, kan? Bagaimana mungkin Bank meminjamkan uang

pinjaman uang

pinjaman uang

tanpa menggunakan jaminan? Apalagi, beberapa bank berani meminjamkan uang hingga mencapai 200 juta rupiah untuk produk kredit ini.

Eits, jangan keburu senang dulu. Memang kredit ini tidak menggunakan jaminan, namun bukan berarti Anda bisa mengajukannya seenaknya. Ada prosedur yang harus Anda penuhi agar pengajuan kredit ini berjalan lancar, dan kelengkapan beberapa dokumen ini yaitu:

  • Fotokopi KTP
  • Slip gaji (Untuk karyawan)
  • Fotokopi NPWP (untuk pengajuan pinjaman dengan nominal cukup besar)
  • Fotokopi kartu kredit

Nah, persyaratan dokumen pada poin keempat itulah yang menjadi kunci utama mengapa kredit ini bisa diajukan tanpa adanya jaminan. Sebab hanya orang yang memiliki catatan kredit sajalah yang boleh mengajukan pinjaman ini, dan catatan tersebut ditandai dengan kepemilikan kartu kredit. Kredit yang diperhitungkan juga hanyalah kredit yang sudah dimiliki setidaknya satu tahun.

Fungsi dari kredit ini adalah sebagai acuan dari Bank untuk memberikan penilaian apakah Anda layak atau tidak diberikan pinjaman senilai yang Anda ajukan. Bank akan menganalisa penggunaan serta ketepatan waktu Anda dalam membayar cicilan tagihan Anda. Semakin Anda rajin dan tepat waktu dalam mengajukan cicilan, maka akan semakin mudah juga pengajuan KTA Anda diterima oleh Bank.

Untuk Anda yang ingin mengajukan KTA namun tidak memiliki kredit, jangan berkecil hati dulu. Sebab ada beberapa Bank yang mengijinkan nasabahnya mengajukan KTA meskipun tidak memiliki kartu kredit. Untuk data yang dijadikan daasar oleh Bank adalah riwayat transaksi Anda pada Bank tersebut dalam periode waktu tertentu. Semakin aktif transaksi, maka pengajuan ini kemungkinan besar akan diterima. (Vita)