Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Investasi

, , Comment closed

Bagi Anda yang sudah memiliki asuransi pendidikan, mungkin Anda sudah tahu bahwa banyak hal yang patut dipertanyakan sebelum membeli asuransi pendidikan untuk anak.  Sama halnya seperti membeli asuransi pendidikan, sebelum Anda membeli asuransi kesehatan dan investasi, ada baiknya jika anda mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai topik terkait. Mulai dari pengertian, fungsi dari asuransi gabungan tersebut, dan perusahaan asuransi mana saja yang menawarkan asuransi yang digabungkan dengan investasi atau yang umum disebut unit link.

Penggunaan asuransi unit link yang menggabungkan manfaat proteksi dan investasi ini memang mempermudah anda sebagai nasabah dalam banyak hal, salah satunya adalah dalam pembayaran. Selain mendapat perlindungan, anda juga bisa sekaligus berinvestasi. Namun anda perlu juga memperhatikan kredibilitas dan kemudahan pengklaiman premi dari perusahaan asuransi yang akan anda gunakan jasanya.

Pada umumnya, asuransi unit link ini dijual dalam bentuk investasi terlebih dahulu untuk kemudian memberikan asuransi atau manfaat proteksi sebagai

klaim asuransi

klaim asuransi

‘bonus’ dari hasil anda berinvestasi sebelumnya. Banyak perusahaan asuransi yang telah menentukan investasi dari nasabah mereka ketika mereka atau anda memutuskan untuk mengambil asuransi unit link ini. Namun ada baikya jika anda dapat memilih untuk menggunakan jasa perusahaan asuransi yang memberikan kebebasan bagi anda untuk menentukan kemana anda akan menginvestasikan sebagian premi yang akan anda setorkan kepada perusahaan asuransi setiap bulannya.

Dengan diberikannya kebebasan ini, anda dapat memilih sendiri bagian premi yang dijatahkan untuk investasi untuk diinvestasikan kemana. Misal pada saham perusahaan A atau perusahaan B yang menurut pengamatan anda akan memberikan hasil yang baik dan tidak mudah turun nilai nya. Cara pembayaran premi pada asuransi unit link ini pun tergolong mudah, cukup dengan menggunakan kartu kredit saja. Hal ini dapat membantu anda yang memiliki banyak kegiatan untuk menghemat waktu dalam mengurus dua hal sekaligus.

Sama halnya dengan berinvestasi secara terpisah, anda perlu memahami risiko dari investasi tersebut. Hasil investasi tidak selalu terjamin karena hasilnya tentu saja mengikuti fluktuasi pasar, hal ini tidak terkecuali pada investasi yang anda lakukan dengan menggunakan asuransi unit link. Nilai tunai adalah nilai sisa dari premi yang anda bayarkan setelah dikurangi dengan pembayaran biaya asuransi, biaya administrasi dan lain sebagainya.

Nilai tunai ini dapat Anda ambil kapan pun sesuai dengan kebutuhan, dengan syarat harus ada nilai minimum yang tersedia pada saldo nilai polis atau unit Anda. Jumlah minimum nya pun tergantung kepada perusahaan asuransi masing – masing, dan terkadang berbeda dengan perusahaan satu dan lainnya. Nilai tunai atau nilai polis ini adalah nilai yang akan digunakan untuk membayar biaya – biaya yang dicakupinya. Dan apabila Anda sedang melakukan cuti premi, proteksi dan investasi akan tetap berjalan selama nilai polis tersebut masih mencukupi.

Apabila Anda merasa asuransi unit link atau gabungan ini terasa lebih mahal, berikut adalah beberapa alasannya. Asuransi standar pada umumnya lebih murah karena premi anda hanya digunakan untuk biaya asuransi, sedangkan asuransi unit link ini membayar untuk beberapa hal sekaligus, tapi juga memberi manfaat lebih. Selain itu unit link ini tidak akan bertambah selama anda tidak membuat perubahan manfaat meski biaya asuransi meningkat.