Kebiasaan Buruk yang Membuat Tubuh Cepat Lelah

, , Comment closed

Seringkali, rasa lelah memang kerap terasa meski Anda tidak melakukan apa pun. Misalnya, Anda hanya tidur seharian atau diam di rumah sembari menonton televisi tetapi ketika malam hari, tubuh Anda terasa lelah luar biasa seolah habis melakukan pekerjaan berat. Akibatnya, istirahat menjadi tidak nyaman dan Anda pun menemui dokter di klinik health care untuk minta dibuatkan resep obat tidur. Padahal, sesungguhnya tidak seperti itu lho. Ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa sengaja dilakukan hingga membuat tubuh Anda terasa lelah.

  1. Dehidrasi alias kurang minum air putih. Rasa lelah juga bisa hadir karena tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi akan
    mudah lelah

    mudah lelah

    menyebabkan penurunan volume darah sehingga darah menjadi lebih kental. Ketika terjadi pengentalan darah dalam tubuh, maka tugas jantung untuk memompa darah pun menjadi kurang efisien. Akibatnya, kecepatan oksigen dan nutrisi untuk mencapai otot dan organ tubuh pun berkurang.

  2. Terlalu banyak mengonsumsi kafein. Meminum kopi lebih dari tiga cangkir sehari memang bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Sebab kafein akan mengganggu siklus tidur Anda dan membuat tubuh terasa lelah. Mengapa bisa begitu? Pasalnya kafein memiliki kemampuan untuk memblokir adenosin. Adenosin sendiri merupakan produk sampingan dari sel aktif yang mendorong Anda untuk tidur.
  3. Sering mengonsumsi gula dan karbohidrat. Tubuh yang terasa lelah juga bisa hadir karena terbiasa mengonsumsi gula. Pasalnya, kenaikan gula darah secara konstan dapat membuat tubuh mudah lelah. Oleh sebab itu, biasakan untuk selalu menjaga gula darah; caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak. Bisa juga dengan mengonsumsi ayam panggang, nasi merah, salmon, ubi, dan juga buah.
  4. Kekurangan zat besi. Bisa jadi, ketika tubuh merasa lelah padahal tidak sedang melakukan pekerjaan berat, itu artinya tubuh mengalami kekurangan zat besi. Ketika tubuh kurang zat besi, maka rasa lesu, lemas, dan tidak bisa fokus bisa menyerang tubuh. Penuhi kadar kebutuhan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi daging sapi, kacang merah, tahu, telur, sayuran berdaun hijau gelap, serta kacang-kacangan.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang membuat tubuh Anda cepat lelah. Yuk, hindari kebiasaan tersebut mulai sekarang!