Kebiasaan Buruk Saat Mengendarai Mobil

Meski sudah memiliki SIM dan cukup umur untuk mengendarai mobil, bukan berarti semua penggunanya paham benar tentang aturan dan tata cara mengemudi yang benar, lho. Sebab hingga saat ini, masih banyak ditemukan kesalahan dan juga kebiasaan buruk yang kerap dilakukan oleh para pengguna mobil. Bahkan, tanpa disadari, Anda mungkin pernah juga melakukan kebiasaan buruk berikut ini ketika mengemudikan mobil Anda. Apa saja, ya?

  1. Sibuk dengan gadget. Penelitian membuktikan bahwa tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian pengemudi terus meningkat setiap harinya. Dan tahukah Anda apa yang menyebabkan pengemudi ini menjadi lalai sehingga tidak awas dengan sekitarnya? Yap, tak lain dan tak bukan adalah Banyak orang yang teralihkan perhatiannya dari jalan raya karena melihat sesuatu di ponsel mereka, mengangkat telepon sambil menyetir, dan juga berkirim pesan melalui aplikasi chatting. Tak heran, gadget ini bisa menjadi mesin pembunuh paling ampuh, apalagi jika digunakan di dalam mobil yang melaju dengan kencang.
  2. Pernah merasakan letupan ego yang tiba-tiba meninggi saat sedang mengemudi? Nah, ini pula yang menjadi kebiasaan buruk para pengendara mobil ketika menyetir. Terkadang, ketika sedang berada di jalanan, Anda menjadi begitu egois dan tidak mau berhenti sebentar ketika ada kendaraan lain yang sedang melintas atau ketika ada orang yang ingin menyeberang jalan. Ego yang sedemikian tinggi ini pada akhirnya membuat kondisi lalu lintas menjadi tersendat, perang klakson, dan tak jarang menyebabkan kecelakaan. Padahal, jika ditelisik lebih lanjut, jalan raya adalah fasilitas umum yang harus digunakan bersama. Jadi, bukankah seharusnya Anda sebagai pengguna harus berbagi dengan pengguna jalan lain? πŸ˜€
  3. Ugal-ugalan. Hayoo ngaku, deh. Salah satu dari Anda pastinya pernah mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi meski sedang tidak terburu-buru. Perilaku ini sebenarnya sembrono lho mengingat kecepatan tinggi ini justru bisa membahayakan keselamatan Anda dan pengguna jalan lain. Jangan pernah berpikir bahwa mengemudi ke kanan dan ke kiri serta terus menerus menyalip merupakan kegiatan yang heroik. Hal itu sangat berbahaya apalagi jika disertai dengan mengerem mendadak. Jika memang tidak terburu-buru, sebaiknya mengemudi dengan kecepatan yang konstan saja.

Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang yang melakukan tindakan di atas, yuk segera ubah perilaku Anda dan menjadi pribadi yang lebih awas ketika mengemudi!