Jangan Dibiarkan, Sakit Maag Bisa Mematikan

, , Comment closed

Penyakit maag biasanya diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Mulai dari pola makan yang tidak teratur, kebiasaan merokok, kurang olahraga, stres dan lain-lain. Gaya hidup yang sehat memang agak sulit diterapkan sekarang ini, terutama bagi para masyarakat yang tinggal di perkotaan. Karena itu, tak heran jika banyak orang-orang yang terkena penyakit maag. Lalu bagaimana cara mengobati maag? Apakah penyakit ini bisa mengancam nyawa?

Penyakit maag memiliki beberapa tingkatan, seperti maag ringan, sedang, hingga kronis. Nah, maag bisa membahayakan nyawa

perut kembung

perut kembung

sebenarnya adalah maag sudah berada di level yang parah dan menyebabkan komplikasi. Namun, bukan berarti Anda yang menderita maag ringan bisa lega begitu saja karena jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat, maka bisa-bisa menjadi semakin parah dan berakibat fatal. Ini dia beberapa komplikasi terkait sakit maag yang perlu diwaspadai.

  • Penyempitan Esofagus

Ketika sakit maag, asam lambung akan naik ke kerongkongan. Sifat asam ini dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut dan juga mempersempit saluran pada kerongkongan. Akibatnya, penderita akan kesulitan menelan dan mengalami rasa nyeri pada dada.

  • Esofagus Barret

Esofagus Barret juga disebabkan oleh paparan asam lambung secara menerus di kerongkongan. Bahayanya, hal tersebut dapat mengakibatkan lapisan bagian bawan pada kerongkongan berubah menjadi sel kanker.

  • Obstruksi Lambung

Selain di kerongkongan, tentunya bagian lambung juga dapat mengalami kerusakan akibat sakit maag akut. Lambung bisa mengalami penyempitan karena radang atau luka dan bisa menghambat pencernaan.

  • Kanker Lambung

Jika tidak diatasi, lama kelamaan sakit maag akan berpotensi untuk menimbulkan kanker lambung. Luka yang terletak di dalam lambung dapat menjadi tumor, dan jika tidak diatasi dengan tepat, maka akan berisiko untuk berkembang menjadi kanker.

  • Ulkus Peptikum

Kondisi ini merupakan luka yang terjadi pada lapisan mukosa hingga ke otot saluran cerna akibat aktivitas pepsin dan asam lambung yang berlebihan.

Ternyata ada banyak komplikasi berbahaya yang disebabkan oleh sakit maag. Oleh sebab itu, segeralah periksakan keluhan sakit maag kepada ahlinya agar segera ditangani dengan tepat. (Rima)