Jaga Kesehatan Otak dengan Konsumsi Makanan Sehat

, , Comment closed

Seiring bertambahnya usia, banyak penurunan yang terjadi pada tubuh, salah satunya adalah menurunnya kesehatan otak. Memang, jika kesehatan otak tidak dijaga dengan baik dan selalu diabaikan, maka tidak menutup kemungkinan malah memunculkan penyakit Alzheimer yang sangat berbahaya untuk tubuh. Untuk itu, cegahlah kondisi dengan cara rutin konsumsi makanan sehat ataupun meminum kapsul suplemen herbal khusus untuk otak.

Adapun beberapa jenis makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai penunjang kesehatan otak adalah sebagai berikut ini:

  1. Kuning telur, merupakan salah satu makanan yang mengandung kolin dan vitamin B kompleks sangat tinggi. Dimana, kedua otak kandungan ini berperan penting untuk meningkatkan kemampuan memori serta membantu sel otak untuk berkomunikasi dengan sangat baik.
  2. Ikan salmon, tingginya kandungan Omega 3 yang tersimpan pada ikan salmon ini dipercaya mampu menjaga kesehatan otak. Sebab, kandungan ini dapat mengurangi stress sekaligus peradangan yang terjadi pada otak. Di samping itu, kandungan DHA yang terdapat di dalam ikan pun dapat menghindari penyusutan otak akibat dari semakin bertambahnya usia.
  3. Kacang walnut, mengonsumsi kacang walnut ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak sebab di dalam kacang ini terkandung Omega 3 dan asam alfa-linolenat. Dimana, kedua kandungan ini berperan penting untuk menambah kecerdasan sekaligus menyehatkan otak.
  4. Minyak zaitun, selain dijadikan sebagai minyak untuk pembuatan masakan enak dan menyehatkan rambut, minyak zaitun pun dapat meningkatkan kemampuan otak karena mengandung extra virgin. Di dalam minyak ini pun juga tersimpan kandungan oleocanthal, dimana kandungan ini mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan yang muncul pada otak.
  5. Blueberry, melansir dari klikdokter.com, buah blueberry ini dapat melindungi otak dan mencegah stress lantaran mengandung flavonoid cukup tinggi. Di samping itu, di dalam buah satu ini pun mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat komunikasi pada sel otak.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan otak. Untuk itu, rajinlah mengonsumsinya! Semoga penyakit menjauh dari kita, ya! –SH–