Internet dan Perkembangan K-Pop

, , Comment closed

Penemuan internet sudah pasti membuat banyak perubahan dalam sejarah manusia. Mulai dari mempersempit jarak, hingga membantu perkeonomian suatu daerah. Selain sebagai media pemasaran, internet juga ternyata memegang peranan penting dalam perkembangan suatu budaya, contohnya adalah budaya Korea Selatan yang saat ini tengah menyebar hingga ke bagian dunia lain.

Gelombang budaya Korea Selatan atau yang lebih dikenal dengan Hallyu  Wave ini sangat terasa di banyak belahan dunia, termasuk Indonesia. Bila dulu kita biasa melihat lagu atau film drama dari daerah Jepang atau Taiwan, maka sekarang Korea Selatan mulai merajai dunia entertainment di Indonesia melalui musiknya (K-Pop) dan dramanya (K-Drama). Tidak hanya dunia hiburan saja, gaya atau fashionnya pun diminati  oleh remaja-remaja di Indonesia.

Globalisasi atau penyebaran buaya Korea Selatan ini memang tidak lepas dari kontribusi dan kecanggihan internet, terutama media sosial seperti Twitter. Hal ini terlihat dari statistik situs jejaring sosial Twitter yang menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2010, salah satu group band Korea Selatan, Super Junior (SuJu) menempati posisi kedua untuk trending topic dalam bidang musik. Posisi Super Junior ini hanya dikalahkan oleh penyanyi remaja asal Amerika, Justin Bieber.

Selain Twitter, kejayaan K-Pop juga terlihat dari  statistik di situs video, YouTube. Disebutkan bahwa setiap kali artis K-Pop merilis video musik di YouTube, maka dalam waktu beberapa hari saja, video tersebut sudah ditonton oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia, dan masuk ke dalam daftar video top favorite, most popular, atau most discussed.

Sebelum internet perkembang seperti sekarang, fans atau penggemar K-Pop hanya memiliki sedikit akses untuk bisa menikmati artis K-Pop idolanya. Satu-satunya akses mungkin adalah dengan mengunjungi atau tinggal di Korea Selatan. Dengan berkembangnya internet seperti saat ini, maka menciptakan akses yang lebih mudah bagi para fans  sekaligus penyebaran K-Pop dan K-Drama ke seluruh dunia. Bisa dikatakan perkembangan K-Pop saat ini merupakan hasil nyata dari sebuah fenomena internet yang sedikit demi sedikit berubah menjadi media nyata.