Ini Dia yang Harus Anda Persiapkan Sebelum ke Luar Negeri

, , Comment closed

Melancong ke luar negeri bersama keluarga merupakan impian Anda sejak lama. Selain untuk relaksasi karena sudah bekerja keras sepanjang tahun, Anda juga ingin memperkenalkan anak Anda pada bahasa internasional yang diakui dunia, yakni bahasa Inggris. Ya, berjalan-jalan ke luar negeri merupakan salah satu alternatif yang Anda tempuh untuk mengajarkan cara belajar bahasa Inggris dasar kepada anak Anda. Anak akan ‘dipaksa’ untuk mendengarkan bahasa asing tersebut dari penutur aslinya dan belajar bagaimana cara mengucapkan sebuah kata dengan baik. Untuk merealisasikan hal ini, Anda pun mulai menabung untuk mengajak keluarga berlibur.

Nah, ketika tabungan Anda sudah cukup untuk membiayai seluruh keluarga melancong ke luar negeri, sekarang saatnya bersuka ria! Anda dan keluarga pastinya sudah menantikan momen-momen ini sejak lama. Tiket pesawat sudah di tangan, penginapan sudah disiapkan, dan tujuan wisata pun direncanakan. Nah, apa lagi ya yang harus dipersiapkan sebelum lepas landas?

  1. Fotokopi semua identitas. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, fotokopilah identitas yang Anda anggap penting seperti paspor, KTP, dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat berguna ketika misalnya, tanpa sengaja Anda kehilangan paspor. Paspor adalah tanda identitas resmi yang berlaku jika Anda berlibur ke negeri orang, sehingga pastikan untuk menjaganya dengan baik. Sebagai cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, fotokopilah semua berkas pribadi Anda.
  2. Sediakan uang koin dan uang dalam pecahan kecil. Ketika menukar uang di money changer, Anda mungkin akan mendapatkan uang dengan pecahan besar. Jika memungkinkan, tukarkan uang dalam bentuk pecahan kecil dan koin karena Anda akan membutuhkannya untuk naik transportasi umum atau taksi. Biasanya, supir akan berlagak tidak memiliki kembalian pada turis yang menggunakan uang pecahan besar untuk membayar jasanya. Nah, daripada Anda rugi, lebih baik siapkan uang kecil.

3. Bawa obat-obatan pribadi. Jangan lupa pula bawa vitamin c, obat diare, dan penurun demam. Berada di sebuah negara dengan keadaan yang jauh berbeda dari ‘habitat’ asli Anda akan membuat Anda mengalami penyesuaian di beberapa titik. Mulai dari tidak enak badan, tidak cocok dengan makanan yang ada, dan lain sebagainya. Siapkan obat-obatan yang biasa Anda pakai karena dikhawatirkan akan sulit mencarinya di negeri orang.