Ini Dia Langkah Mudah Mencuci Mobil

, , Comment closed

Alih-alih membersihkan mobil di tempat cuci mobil atau car wash, Anda bisa lho mencoba membersihkannya sendiri di rumah. Tentu, ada banyak langkah-langkah yang harus diperhatikan saat mencuci mobil agar mobil tidak rusak dan membuat Anda harus berurusan dengan asuransi mobil. Ini dia langkah mudah yang bisa Anda coba saat mencuci mobil sendiri di rumah:

  1. Mulai dari bagian dalam mobil. Sebelum mulai membersihkan bagian eksterior mobil, ada baiknya Anda mulai membersihkan bagian interior mobil terlebih dahulu. Angkat karpet mobil dan sedot debu dan kotoran yang menempel dengan vacuum cleaner. Anda juga bisa membersihkan bagian dashboard mobil dengan kemoceng kecil untuk menghalau debunya. Dan jika
    merawat mobil

    merawat mobil

    ada noda yang menempel pada jok mobil, baiknya dibersihkan juga, ya.

  2. Bersihkan bagian eksterior mobil. Setelah bagian dalam mobil sudah bersih, sekarang giliran membersihkan bagian luar mobil. Anda bisa membersihkan jendela, atap mobil mobil, dan juga permukaan mobil dengan kemoceng untuk mengangkat debu yang menempel. Hal ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel tidak melukai atau menggores badan mobil ketika disiram dan dilap.
  3. Basuh mobil dengan air bersih. Jika sudah mengangkat debu dengan kemoceng, kini saatnya untuk ‘memandikan’ mobil. Anda bisa membasuh mobil dengan air, lalu aplikasikan sabun pembersih khusus mobil. Pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh dan gosok perlahan dengan menggunakan spons.
  4. Sikat ban. Biasanya, ban mobil yang sering digunakan akan terlihat kotor karena banyak kotoran dan tanah merah yang menempel. Anda bisa menyikatnya sembari disiram air dari selang agar kotoran cepat luruh. Setelah menyikat ban, jangan lupa untuk mengelap bagian jari-jari ban agar tidak ada air yang tersisa, ya.
  5. Keringkan mobil. Jika semua step di atas sudah dilakukan, jangan lupa untuk mengeringkan seluruh bodi mobil dengan lap. Pastikan tidak ada air yang menetes atau ada air yang tersisa. Pasalnya, air yang menempel pada bodi mobil jika terus dibiarkan akan membuat cat mobil memudar.

Itu dia beberapa langkah mencuci mobil yang bisa Anda coba di rumah. Agar mobil terlihat lebih mengilap, Anda bisa menyemir bagian eksterior mobil dengan polish khusus mobil. Namun, meskipun Anda sudah mengetahui cara mencuci mobil sendiri, ada baiknya jika sesekali Anda tetap mencucinya di tempat pencucian mobil yang memiliki hidrolik. Sebab, pencucian mobil seperti ini tidak hanya membersihkan bagian luar dan dalam mobil saja, tetapi juga mesin mobil. Hal ini penting, karena bagian mesin mobil yang tidak pernah dibersihkan sama sekali bisa menyebabkan mesin tidak dapat bekerja maksimal dan menyebabkan tarikan mobil terasa lambat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!