Ini Dia Beberapa Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E

, , Comment closed

Anda mungkin sudah tahu dengan manfaat vitamin C. Namun demikian, bagaimana halnya dengan vitamin E? Sama seperti vitamin C, vitamin E juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda, lho. Vitamin E berfungsi sebagai vitamin yang menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan.

Lantas, mengingat pentingnya vitamin E ini, coba yuk cek beberapa tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin E!

  1. Penglihatan berkurang. Menurut penelitian, vitamin E ternyata dapat mempengaruhi kemampuan mata dalam memandang
    vitamin E

    v

    lurus ke depan. Untuk itu, kekurangan vitamin E dalam tubuh bisa membuat kemampuan melihat Anda berkurang.

  2. Otot melemah. Tidak hanya membuat penglihatan berkurang, kekurangan vitamin E juga bisa membuat otot melemah. Hal ini disebabkan karena vitamin E bertugas untuk memastikan membran plasma bekerja dengan baik. Membran plasma sendiri merupakan komponen penting untuk perbaikan otot. Alhasil, ketika vitamin E berkurang, maka radikal bebas pun bisa dengan bebas menyerang inti sel otot.
  3. Degenerasi saraf. Jika dilihat dari segi neurologis, kekurangan vitamin E ternyata juga bisa memengaruhi sistem saraf, lho. Ketika tubuh kekurangan vitamin E, maka akan terjadi degenerasi saraf yang bisa memengaruhi gerak refleks pada sesuatu hingga bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan tubuh.
  4. Sistem imun terganggu. Vitamin E juga berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh seseorang. Ketika tubuh kekurangan vitamin E, maka respons sistem kekebalan tubuh terhadap zat berbahaya pun akan terhambat.
  5. Kemampuan kognitif berkurang. Seperti yang dibahas di atas, kekurangan vitamin E akan membuat tubuh lebih mudah terkena radikal bebas. Dengan demikian, hal ini juga akan membuat kemampuan kognitif berkurang serta memengaruhi fungsi otak.
  6. Rambut mudah rontok. Kulit sangat rentan dengan radikal bebas. Akibatnya, ketika vitamin E berkurang dan Anda sering terkena sinar UV atau polutan, rambut pun akan sering mudah rontok.

Itu dia beberapa tanda-tanda kekurangan vitamin E yang harus Anda kenali. Mulai sekarang, yuk konsumsi makanan yang mengandung vitamin E! Semoga bermanfaat.