Hindari Pinjaman Untuk Keperluan Ini

, , Comment closed

Dalam kehidupan bermasyarakat, melakukan aktivitas pinjam uang adalah hal yang umum dilakukan. Semua orang pasti pernah melakukannya meskipun tidak mengajukan pinjaman secara resmi ke lembaga keuangan. Contoh sederhananya saja, kamu sedang makan bersama dengan teman-temanmu disebuah restoran dan temenmu yang menalangi pembayarannya terlebih dahulu. Sebenarnya ini juga salah satu bentuk meminjam uang pada temanmu. Hanya saja biasanya jumlahnya tidak banyak dan jangka waktunya juga hanya sebentar.

Memang aktivitas pinjam meminjam adalah hal yang biasa. Namun, berhati-hatilah karena terkadang jika dilakukan dengan tujuan yang salah justru bisa

pinjaman uang

pinjaman uang

menjerumuskanmu, loh. Bisa jadi kamu malah jadi terjebak dalam lingkaran hutang. Nah supaya kamu tidak mengalaminya sebaiknya hindari pinjaman untuk beberapa keperluan ini:

  • Membeli barang konsumtif

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para pemilik kartu kredit. Sebenarnya sih kamu boleh saja menggunakannya untuk membeli barang konsumtif, hanya saja seringnya orang menjadi terlena dan tidak terkontrol dalam menggunakannya. Melihat smartphone baru, langsung gesek. Melihat barang apa lagi yang menarik, langsung gesek. Selama limit masih ada, dimanfaatkan semaksimal mungkin. Nah, inilah yang sangat berbahaya dan pada akhirnya membuat seseorang terjebak dalam lingkaran hutang. Itulah sebabnya, jika kamu merasa belum mampu mengendalikan diri dengan baik sebaiknya hindari kartu kredit sampai kamu yakin sudah mampu untuk mengendalikan diri.

  • Membayar hutang

Hutang dibayar dengan hutang lainnya. Banyak loh yang melakukan ini sampai istilah “gali lubang tutup lubang” ini sangat terkenal. Biasanya seseorang akan melakukan ini ketika benar-benar sudah terpaksa dan dikejar-kejar untuk segera dilunasi. Memang hal ini terlihat seperti menyelesaikan masalah, namun sebenarnya justru menambah masalah. Belum lagi jika kamu menutup hutang yang satu dengan hutang lain yang berbunga. Dijamin kamu akan dibuat pusing dengan lingkaran hutang ini.

  • Berwisata

Jika kamu memang belum mampu, lebih baik tahan diri sebentar dan menabung untuk memenuhi kebutuhan wisatamu. Sebab, berwisata dengan menggunakan hutang hanya akan membuatmu pusing untuk membayarnya. Jika kamu menggunakan kartu kredit saat berwisata, bisa jadi kamu tidak akan sadar menggunakannya sampai mencapai limit dan akhirnya kamu sendiri yang merasa bingung. Sementara jika kamu meminjam pada teman atau kerabat, apa kamu merasa nyaman bersenang-senang dengan menggunakan hutang?Demikian tips keuangan dalam meminjam uang (Vita)