Hindari Kemacetan Dengan 5 Cara Ini!

, , Comment closed

Jalan raya ibukota memang tidak pernah ada sepinya. Sesuai dengan fakta bahwa Jakarta adalah kota terpadat juga pusat ekonomi di Indonesia, membuat mobilitas masyarakatnya semakin tinggi dan memerlukan fasilitas jalan raya untuk kegiatan sehari-hari. Padatnya jalan raya juga ditambah dengan adanya kendaraan dari kendaraan logistik seperti truk Indonesia sampai kendaraan pribadi, juga sempitnya jalanan mempengaruhi kondisi jalanan sehingga kemacetan tidak dapat dihindari. Selain itu pembangunan yang terus ada membuat banyak jalanan yang semakin sempit atau bahkan tidak dapat diakses memperburuk keadaan yang sudah ada sebelumnya.

Macet di Jakarta memang sudah biasa, banyak yang sudah terbiasa berkendara berjam-jam dari rumah sampai lokasi tempat bekerja, padahal jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Banyak peneliti yang menjelaskan bahwa setiap tahunnya, orang-orang di Jakarta membuang waktu selama seminggu untuk berada dijalanan. Hal ini jelas memperhatinkan, karena banyak sekali hal-hal positif dan bermanfaat yang bisa dilakukan dalam waktu yang terbuang dijalanan tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengikuti 5 tips dibawah ini untuk menghindari kemacetan di ibukota!

  • Disiplin dalam bekendara

Ikuti semua tata aturan lalu lintas yang berlaku. Selain untuk keselamatan Anda dan pengendara lainnya, Anda bisa menghemat waktu dijalanan. Melanggar aturan bisa membuat Anda kena tilang, dan menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk mengurusi sanksi-sanksi yang diberikan. Selain itu, kedisiplinan bisa membuat jalanan lebih lancar, bayangkan jika semua kendaraan tidak mau mengikuti aturan lalu lintas, seperti misalnya Anda terburu-buru dan ingin belok kanan, namun Anda menggunakan jalur kiri untuk menyalip. Jelas ini bisa menyebabkan kemacetan baru dan sangat merugikan untuk orang-orang yang

macet

BAGUSKALI.COM

ada dibelakang Anda.

  • Ikuti Aturan

Ikuti aturan yang berlaku, sepeti helm untuk yang berkendara motor, dan seat belt untuk yang menggunakan kendaran roda empat. Tidak mengikuti aturan-aturan tersebut bisa membuat Anda kena tilang dan jelas menyita waktu Anda, bahkan membuat kemacetan baru. Selain itu dengan mengikuti aturan-aturan tersebut, Anda telah menjaga keselamatan Anda sendiri dalam berkendara.

  • Hindari menyalip kendaraan besar

Hindari menyalip kendaraan besar seperti truk. Tiap kendaraan memiliki titik buta atau blind spot, dimana titik-titik tersebut membuat pengandara tidak mampu melihat disekelilingnya karena keterbatasan mata manusia. Jagalah jarak Anda dengan kendaraan-kendaraan lain untuk menghindari kecelakaan yang jelas merugikan untuk Anda dan orang lain.

  • Datang lebih awal – pulang lebih malam

Ini adalah trik yang paling ampuh untuk Anda menghindari kemacetan, yaitu dengan menghindari jam-jam jalanan padat. Memang akan terasa sulit untuk datang lebih pagi dan pulang lebih malam, namun Anda bisa menempuh perjalanan Anda lebih cepat daripada biasanya. Untuk satu ini Anda perlu membiasakan diri untuk mengatur waktu Anda, gunakan waktu lebih Anda untuk hal-hal yang lebih bermanfaat!

  • Gunakan kendaraan umum

Gunakan kendaraan umum seperti kereta atau bus untuk menghemat waktu juga pengeluaran. Kendaraan umum memiliki sistem dimana Anda bisa menjadi lebih tepat waktu dan juga menghindari telat masuk kantor karena macet. Meskipun kadang transportasi ini sangat padat karena banyak penggunannya, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat untuk diri Anda sendiri dan untuk Jakarta. Anda menjadi lebih disiplin waktu, keuangan, lebih luas kesempatan bersosialisasi dan juga membiasakan diri untuk berjalan kaki untuk kesehatan Anda. Untuk ibukota, Anda telah membantu Jakarta mengurangi pengguna kendaraan pribadi yang terus-menerus melonjak ditiap tahunnya.

 

Sekian 5 tips untuk menghindari kemacetan ibukota. Semoga bermanfaat!