Hati-hatilah Memilih dan Menggunakan Powerbank

, , Comment closed

Gadget saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, tapi juga bisa berfungsi untuk browsing, main game, nonton, mendengarkan musik dan sebagainya. Namun semakin aktif penggunaan gadget akan menyebabkan batre menjadi boros dan cepat habis. Untuk mengantisipasi hal ini banyak orang yang menggunakan powerbank untuk mengisi kembali batrenya saat mereka tidak menemukan listrik.

Tidak mudah menentukan powerbank apa yang harus kita beli. Tentunya powerbank murah dengan kapasitas yang besar akan sangat menarik untuk di beli, tapi terkadang kita ragu dengan kualitasnya. Tentunya kita ingin powerbank  yang kita gunakan tidak akan merusak batre gadget kita. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menggunakan powerbank, antara lain:

  • Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Jika harga powerbank murah sedangkan kapasitas yang dimilikinya sangat besar, kita harus berfikir ulang untuk membelinya. Karna banyak powerbank yang memalsukan keterangan kapasitasnya, atau menggunakan batre second demi mengejar harga murah. Agar lebih yakin, lebih baik jika memilih powerbank yang berani memberi garansi minimal satu tahun, atau powerbank dengan merk-merk yang sudah dikenal.

  • Perhatikan kapasitas powerbank

Powerbank tersedia dalam berbagai kapasitas. Pilihlah kapasitas sesuai dengan kebutuhan kalian, dengan begitu biaya yang kalian keluarkan untuk membeli powerbank juga akan lebih murah.

  • Perhatikan tegangan output

Pada kabel konektor yang diberikan oleh powerbank biasanya tertulis 1A (1 Ampere) dan 2A (2 Ampere). Mengisi dengan kabel 2A memang bisa lebih cepat, namun tidak semua gadget menerima pengisian dengan menggunakan kabel 2A. Akan lebih baik jika kalian tetap menggunakan kabel bawaan gadget kalian, karena arus yang di alirkan lebih stabil dan sudah pasti sesuai dengan kebutuhan gadget kalian.

  • Gunakan hanya saat darurat

Powerbank hanya tepat untuk digunakan disaat-saat darurat. Karena arus yang dialirkan belum tentu sesuai dengan gadget kalian, jika digunakan terlalu sering maka bisa berisiko merusak batre gadget kalian. Jika kalian berada di rumah atau di tempat yang memiliki sumber listrik, sebaiknya charge batre gadget kalian dengan charger asli.