Freelancer Tidak Butuh Office? Siapa Bilang!

, , Comment closed

freelance

unsplash.com

Pekerjaan freelance masih belum dimengerti seutuhnya di Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa bekerja sebagai seorang freelance berarti Anda sedang sulit untuk mendapatkan pekerjaan kantoran atau tidak memiliki kualitas dan keahlian yang kurang memadai untuk bekerja. Tentu saja hal tersebut adalah salah. Menjadi seorang freelance juga memiliki potensi karir yang sama dengan orang yang bekerja sebagai karyawan biasa, bahkan banyak manfaat lainnya. Yang membedakan antara freelancer dengan karyawan biasa adalah sistem bekerjanya. Freelancer tidak terikat dengan perusahaan apapun sehingga tidak perlu bekerja didalam kantor konvensional, freelancer punya kebebasan untuk bekerja dimana saja dan kapan saja. Biasanya tempat kerja pilihan para freelancer ibukota adalah coworking space Jakarta, serviced office Jakarta Selatan dan rumah.

Rumah sering ditemukan menjadi pilihan tempat bekerja oleh para freelancer. Alasannya adalah bekerja dirumah bisa menghemat biaya, lebih nyaman dan lebih fleksibel. Padahal pada kenyataan bekerja dirumah bisa membuat Anda menjadi sulit untuk bekerja karena merasa terlalu nyaman dan pengecoh-pengecoh seperti TV dan kasur yang menggangu konsentrasi. Maka dari itu ada baiknya Anda untuk mulai mempertimbangkan untuk bekerja di kantor yang nyata. Berikut adalah alasannya:

  • Bekerja di kantor bisa meningkatkan produktifitas. Hal ini dikarenakan Anda akan lebih mudah fokus untuk bekerja. Didalam kantor Anda akan bekerja dengan posisi duduk diatas kursi dan didepan meja. Posisi ini akan membuat Anda menjadi lebih berkonsentrasi dengan pekerjaan Anda. Selain itu lingkungan yang professional juga mendorong Anda untuk fokus.
  • Bekerja di kantor membantu Anda dalah kehidupan sosial. Bekerja didalam rumah akan membuat Anda jarang keluar rumah, terutama ketika Anda sedang sibuk atau mengejar deadline. Ini bisa membunuh kehidupan sosial Anda. Namun ketika Anda bekerja didalam ruang bekerja, Anda akan bertemu dengan orang lain dan akan terus bersosialisasi sambil bekerja. Sosialisasi ini bisa menjadi hiburan Anda dipadatnya pekerjaan.
  • Bekerja di kantor bisa membuat Anda menjadi lebih kreatif. Bekerja didalam rumah bisa membuat kreatifitasan Anda buntu karena harus berada dilokasi yang sama setiap bekerja. Dengan bekerja dikantor Anda bisa mendapat inspirasi-inspirasi baru, entah dari lingkungan, rekan kerja atau bahkan pengalaman Anda didalam perjalanan menuju ke kantor.

Anda tidak perlu menyewa kantor untuk bekerja didalamnya dan mendapatkan tiga manfaat diatas. Ada pilihan yang lebih efisien yaitu coworking space atau serviced office. Anda tetap bisa merasa bebas seperti layaknya seorang freelancer namun tetap produktif dalam bekerja. Semoga bermanfaat! (Della)