Freelance atau Kerja Kantoran?

, , Comment closed

Freelance atau pekerjaan tanpa ikatan sudah sering ditemukan di Indonesia. Menjadi freelancer juga sangatlah mudah, contohnya ketika kamu ingin mencari tempat bekerja yang bisa membuat kamu lebih produktif tanpa harus terikat biaya yang mahal. Kamu bisa menggunakan fasilitas coworking space yang kini sudah banyak pilihannya, dapatakan coworking Jakarta dengan harga terjangkau dengan fasilitas yang lengkap.

Meskipun begitu, banyak yang masih tidak memahami pekerjaan satu ini. Banyak yang beranggapan bahwa menjadi freelancer adalah pilihan terakhir ketika tidak memiliki pekerjaan “sesungguhnya” atau hanya sekedar mencari uang sampingan. Pola pikir seperti ini membuat banyak yang masih lebih memilih bekerja didalam kantor atau menjadi pekerja konvensional karena dianggap lebih bisa menjamin masa depan. Padahal menjadi freelancer memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak dapat dimiliki ketika bekerja di kantor konvensional dan bisa menjadi awal dari kesuksesan di masa depan.

Freelance

Freelancer

Berikut adalah kelebihan-kelebihan menjadi seorang freelancer yang tidak dapat kamu miliki ketika bekerja sebagai karyawan kantoran!

  • Lebih Dinamis

Ketika kamu bekerja sebagai seorang freelancer, kamu memiliki kesempatan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian juga dan kesukaan kamu. Selain kamu bisa bekerja dengan semangat, kamu bisa memperdalam keahlian kamu untuk pekerjaan-pekerjaan selanjutnya. Selain itu kamu juga memiliki kesempatan untuk terus mencari klien-klien baru, karena menjadi seorang freelancer kamu tidak memiliki ikatan untuk satu perusahaan saja. Ketika salah satu klien kamu mengalami kebangkrutan atau permasalah lainnya kamu tidak perlu repot-repot karena kamu tidak perlu berkomitmen dengan perusahan tersebut. Kamu bisa memulai semua dari awal lagi dengan mencari klien yang baru.

  • Tidak ada biaya modal

Menjadi seorang freelancer kamu tidak memerlukan modal yang besar. Berbeda ketika kamu ingin membangun bisnis sendiri, dimana kamu harus menyediakan semua keperluan kantor pada umumnya. Menjadi freelancer kamu cukup memenuhi kebutuhan kamu sesuai dengan bidang pekerjaan kamu. Kamu bisa memilih bekerja dimanapun, bahkan dirumah. Tidak ada biaya sewa kantor, menghemat uang modal bekerja, dan kamu bisa menghemat biaya transportasi dengan bekerja ditempat yang dekat dengan tempat tinggal.

  • Multi-tasking

Gunakan kesempatan kamu sebagai seorang freelancer untuk melatih kemampuan ber- multi-tasking. Kamu bisa mencari klien lebih dari satu. Tidak seperti ketika kamu bekerja di kantor konvensional, dimana kamu harus berkomitmen dengan satu perusahaan saja. Disini kamu bisa membuka peluang sebesar-besarnya, dapatkan keuntungan yang lebih besar dan membangun koneksi lebih luas. Namun perlu diingatkan untuk tidak mengambil klien lebih banyak daripada kemampuan kamu!

  • Fleksibel

Bekerja tanpa ikatan berarti kamu bisa membuat jadwal bekerja sendiri. Dengan ini kamu bisa mengatur kapan dan bagaimana kamu akan bekerja dan kapan kamu bisa beristirahat. Berbeda ketika kamu bekerja dikantor konvensional, karena menjadi seorang karyawan kantor kamu perlu membuat janji dan menggunakan jatah cuti kamu untuk liburan pertahunnya. Menjadi seorang freelancer, kamu bisa liburan dan bekerja kapanpun tanpa ada aturan-aturan yang mengikat. Pastikan kamu tetap bertanggung jawab dengan klien kamu!

 

Pada akhirnya menjadi seorang freelancer berarti menjadi bos untuk diri kamu sendiri. Bekerjalah secara bertanggung jawab dan professional sehingga kamu tidak akan kehabisan klien. Nah, sudah tertarik belum menjadi freelancer? (Della)