Dampak Mengonsumsi Teh Hijau Bagi Penderita Maag

, , Comment closed

Teh hijau memang pas sekali dinikmati di kala senggang atau di sela-sela kesibukan. Teh hijau dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh, namun ada beberapa argumen yang menyatakan teh hijau justru memiliki efek yang berlawanan dengan obat maag alias dapat menimbulkan efek samping bagi penderita maag. Apakah benar? Nah, supaya tidak penasaran, mari kita cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Teh Hijau

Teh hijau merupakan teh yang terbuat dari daun Camellia Sinensis yang dipanaskan supaya tidak terjadi oksidasi. Sekarang ini teh

konsumsi teh hijau

konsumsi teh hijau

hijau juga sudah makin populer di kalangan masyarakat dan sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dibandingkan teh biasa, teh hijau mengandung kafein yang lebih rendah dan flavonoid yang lebih tinggi. Flavonoid ini berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Efek Samping Teh Hijau

Seperti yang sudah diketahui, maag bisa diatasi dengan bahan alami, sayangnya the hijau tidak termasuk di dalamnya. Mengonsumsi teh hijau berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek samping bagi penderita maag. Ini karena, teh hijau tetap mengandung kafein meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit daripada jenis teh lainnya. Jika dikonsumsi terlalu banyak, kafein dapat membuat dinding lambung iritasi dan memperbanyak produksi asam lambung sehingga dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada tukak lambung.

Selain kafein, teh hijau juga mengandung zat tanin yang dapat merangsang lambung untuk memproduksi zat asam lebih banyak. Apalagi, ketika diminum saat kondisi perut kosong. Zat tanin yang berlebihan ini justru akan memperparah penyakit maag yang Anda miliki.

Bagaimana Cara Agar Penderita Maag Tetap Bisa Meminum Teh Hijau?

Ternyata meskipun mengandung antioksidan dan zat yang baik untuk tubuh, beberapa zat yang dimiliki teh hijau seperti kafein dan zat tanin juga dapat memengaruhi asam lambung. Namun, perlu digaris bawahi, efek samping dari teh hijau yang telah disebutkan di atas akan merugikan penderita maag jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi sebaiknya Anda mengonsumsi teh hijau dengan jumlah yang disarankan. Hindari minum teh hijau saat perut kosong dan secukupnya saja. Sebaiknya Anda mengonsumsi teh hijau cukup 2-3 cangkir sehari. (Rima)