Cegah Diabetes Sejak Dini!

, , Comment closed

Indonesia adalah negara peringkat ke-7 pasien diabetes terbanyak didunia. Hal ini tidak mengherankan karena melihat masyarakat Indonesia yang masih belum memahami pentingnya gaya hidup sehat. Kebiasaan makan makanan tidak sehat dan tidak berolahraga sering ditemui dikalangan masyarakat menengah kebawah. Lebih mirisnya lagi, umur penderita diabetes di Indonesia tergolong muda, yaitu dibawah 40 tahun. Maka dari itu ada baiknya untuk Anda merubah gaya hidup Anda dan keluarga untuk menghindari penyakit kronis satu ini. Untuk mencegah kerugian finansial, disarankan untuk mulai mencari asuransi kesehatan yang bagus sejak dini. Penyakit diabetes bisa memakan biaya yang sangat mahal, apalagi ketika sudah kritis.

Diabetes adalah penyakit kronis yang diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat dimana kandungan gula dalam darah tinggi. Penyakit ini bisa mengakibatkan banyak sekali kerusakan pada organ-organ dalam tubuh seperti kebutaan, gagal ginjal sampai penyakit jantung. Selain gaya hidup tidak sehat, alasan lain penyakit diabetes ada dalam tubuh adalah alasan umur dan keturunan. Meskipun faktor umur dan keterunan tidak bisa diubah, Anda masih bisa mencegah diri Anda mendapati kondisi yang lebih buruk dengan cara-cara dibawah ini!

run

morning run

  1. Diet

Diet identik dengan mengurangi makanan atau bahkan puasa untuk mendapat bentuk tubuh yang ‘ideal’. Padahal pada aslinya diet adalah mengatur kebiasaan makan dari jenis makanan, waktu makan dan porsi makan dengan tujuan badan yang sehat. Diet adalah hal terpenting untuk menjaga diri dari penyakit diabetes. Hentikan kebiasaan makan makanan cepat saji dan juga cek kembali porsi yang Anda makan. Makanan dengan karbohidrat dan kadar gula yang tinggi bisa memicu diabetes. Biasakan untuk makan dengan seimbang, tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Olahraga Rutin

Selain makan makanan sehat, penting buat Anda dan keluarga untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas. Idealnya berolahragalah setidaknya seminggu 2-3 kali. Olahraga bisa membantu Anda mencegah diabetes. Jika Anda obesitas, segeralahnya berolahraga dengan rutin, karena orang-orang obesitas lebih mudah terkena penyakit kronis ini. Jika Anda sulit mengatur waktu olahraga karena terlalu sibuk, biasakan untuk berjalan kaki dan naik tangga ke kantor.

Untuk mencegah penyakit diabetes cukup dengan mengikuti dua tips yang ada diatas. Mudah kan? Yuk, mulai gaya hidup sehat!