Cara Sederhana Rawat Koleksi Sepatumu

, , Comment closed

Untuk kamu para pecinta sepatu, tentunya sudah menjadi rahasia umum ya kalau sepatu merupakan bagian dari investasi masa depanmu. Sebab beberapa sepatu bisa menjadi investasi di masa depan ketika harganya meroket naik. Memang sih, hal ini cukup riskan. Sebab tidak ada yang tahu berapa harga sebuah sepatu di masa depan, apakah akan naik atau akan turun. Tentu, berinvestasi di bidang sepatu tidak akan sama dengan investasi di bidang properti atau emas, misalnya, yang lebih pasti.

Akan tetapi, kalau kamu memang seorang kolektor, mengoleksi sepatu dan menjadikannya sebagai investasi tentunya bukan sesuatu yang salah. Hanya saja, banyak hal yang harus diperhatikan cara merawat sepatu-sepatu koleksimu. Hal ini dimaksudkan

merawat sepatu

merawat sepatu

agar sepatu tetap awet, tahan lama, dan tetap bagus meski disimpan dalam waktu yang lama.

Lantas, bagaimana cara merawat sepatu agar tetap awet? Begini caranya:

  1. Selalu simpan di dalam kotak. Meskipun kamu punya rak khusus untuk menyimpan sepatu, sebelum diletakkan dalam rak ada baiknya untuk membungkus sepatu tersebut di dalam kotak. Hal ini dimaksudkan agar sepatu tidak berdebu, tidak berjamur, dan tetap bersih meski disimpan dalam rak dalam waktu yang lama. Atau kalau kamu punya dust bag, boleh banget nih lapisi sepatu dengan dust bag sebelum disimpan.
  2. Bersihkan sebelum disimpan. Nah, penting nih untuk diingat. Setelah digunakan dan hendak disimpan kembali, jangan lupa bersihkan sepatunya dulu ya. Pastikan kalau sepatunya sudah bersih dan juga kering. Hal ini kita lakukan agar jamur tidak menempel di area sepatu yang kotor. Kalau jamur sudah menempel, susah untuk membersihkannya hingga kinclong kembali.
  3. Pastikan rak sepatu tidak lembap. Perhatikan di mana letak kamu menyimpan rak-rak sepatumu. Hindari ruangan yang lembap dan tidak terkena cahaya matahari. Sebab ruangan yang seperti ini akan merusak kondisi sepatu seiring berjalannya waktu. Kalau memungkinkan, boleh juga lengkapi ruangan sepatu dengan pendingin ruangan agar suhunya tetap terjaga.
  4. Angin-anginkan sesekali. Nah, agar jamur tidak menempel, sesekali bawalah koleksi sepatumu ke luar ruangan. Biarkan mereka terkena angin dan juga sinar matahari selama sesaat sebelum disimpan lagi di dalam kotak.

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk merawat koleksi sepatumu. Selamat mencoba dan silakan diterapkan di rumah, ya.