Cara Cerdas Mendeteksi Berita Hoax

, , Comment closed

Dengan paket internet rumah, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Baik streaming film, mendengarkan lagu, dan juga baca-baca artikel mengenai fakta menarik di balik piala oscar atau artikel lainnya. Nah, ngomong-ngomong soal artikel, sekarang sudah banyak informasi yang bisa kamu dapatkan dari website. Mulai dari gosip, bisnis, teknologi, politik, dan masih banyak lagi topik lain yang bisa kamu baca. Memang membaca artikel di internet terdengar lebih mudah dan praktis.

Akan tetapi, tidak semua informasi di internet dapat terjamin kebenarannya. Banyak tersebar informasi hoax yang tidak jelas sumbernya dan tidak benar. Bahayanya, pembaca yang tidak memilah berita bisa jadi termakan oleh berita hoax dan akhirnya

hoax

hoax

mempercayai informasi yang belum tentu benar. Karena itu, jangan sampai Anda terlalu mudah untuk percaya dengan apa yang Anda baca di internet. Sebaiknya, perhatikanlah beberapa hal ini terlebih dahulu:

  • Baca Sampai Habis

Sekarang ini banyak artikel yang menggunakan judul “clickbait” untuk menarik perhatian pembaca. Biasanya judul tersebut cenderung terlalu membesar-besarkan pembahasan. Padahal kenyataannya, apa yang dibahas kurang sesuai atau bahkan tidak sesuai dengan judulnya. Untuk menghindari penyebaran informasi yang salah, pastikan Anda telah membaca artikel sampai habis dan pahami maksudnya.

  • Telusuri Sumbernya

Setelah membaca, jangan langsung 100% percaya pada informasi yang tertera. Amati sumber artikel tersebut, apakah diambil dari sumber yang terpercaya atau tidak. Biasanya sumber terpercaya adalah yang berasal dari pakar dan website resmi yang namanya sudah cukup populer. Jika sumber bacaan hanya berasal dari “grup sebelah”, maka besar kemungkinannya berita tersebut adalah hoax.

  • Jangan Mudah Terbawa Emosi

Beberapa bacaan di internet menggunakan judul yang provokatif. Meskipun menarik untuk dibaca, usahakan jangan terlalu cepat untuk terbawa emosi karena belum tentu apa yang diinformasikan pada bacaan tersebut adalah benar. Kembali lagi pada tips di atas, baca dulu sampai habis dan telusuri sumbernya.

  • Curigai Gambar dan Video

Beberapa artikel hoax menggunakan gambar dan video agar berita yang disampaikan seakan-akan adalah kebenaran. Padahal sekarang aplikasi untuk mengedit gambar dan video sudah canggih. Selain itu, bisa saja gambar dan video bukanlah bagian dari informasi yang tengah diberitakan.

Jadi, waspada dan teliti saat membaca di internet ya! (Rima)