Café atau Coworking Space?

, , Comment closed

Zaman sekarang rasanya tidak ada lagi batasan dimana kita akan berlajar atau membangun sebuah bisnis. Bahkan dengan adanya Layanan internet rumah, kini siapa saja bisa mengerjakan tugas, bekerja atau bahkan berbisnis didalam rumah tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi atau biaya sewa ruang kerja. Meskipun murah dan fleksibel, bekerja didalam rumah telah terbukti menggangu konsentrasi dalam bekerja dan juga menjadi penghambat seseorang untuk menjadi produktif. Hal ini dikarenakan rumah adalah tempat untuk bersantai, kebiasaan ini membuat orang menjadi sulit untuk mengumpulkan niat bekerja, ditambah lagi dengan banyaknya pengalih perhatian seperti TV dan kasur.

cafe

Cafe vs Coworking Space

Hal ini ternyata juga sudah disadari banyak orang. Kini banyak sekali orang-orang yang memilih untuk pergi ketempat lain yang memiliki internet gratis, tempat duduk dan meja yang mendukung untuk bekerja dan juga menyediakan makanan dan minuman dikala lapar ditengah pekerjaan. Dua tempat yang memiliki 3 hal tersebut dan sering menjadi pilihan adalah café dan coworking space. Keduanya memang bisa digunakan sebagai tempat bekerja, namun banyak juga yang memperdebatkan kedua tempat tersebut; mana yang bisa bikin lebih produktif dan mana yang lebih menguntungkan? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas kelebihan dan kekuarang dari café dan coworking space sebagai tempat bekerja!

  • Café

Kelebihan :

  • Café kini sangat mudah ditemukan, terutama dikawasan perkotaan. Hal ini membuat orang sangat mudah mencari lokasi yang dekat dengan rumah sehingga tidak memerlukan biaya besar untuk pergi ke café.
  • Tidak ada biaya sewa tempat kerja. Biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk membeli produk yang dijual didalam café, disini kamu yang memilih akan mengeluarkan uang banyak atau tidak.
  • Suasana yang enak. Biasanya café memiliki suasana yang unik dan nyaman untuk berlama-lama didalamnya.

Kekurangan :

  • Café dibuka untuk umum, jadi jangan marah jika ada segerombolan anak muda yang sedang ngumpul bareng foto-foto ria dan berbicara dengan suara kencang. Ini bisa menjadi pengalih perhatian kamu dari pekerjaan.
  • Fasilitas tidak lengkap. Jika pekerjaan kamu membutuhkan alat fotokopian, printer atau lainnya, café bukan tempat yang tepat untuk kamu.

 

  • Coworking space

Kelebihan :

  • Suasana cocok untuk bekerja, dimana ruangan memang didesain unik dan professional untuk mendorong produktifitas siapa saja yang datang.
  • Fasilitas lengkap, sehingga kamu tidak perlu lagi bingung jika membutuhkan alat fotokopian atau lainnya.
  • Komunitas besar, kamu bisa berkenalan dengan orang-orang yang memiliki ambisi yang sama dengan kamu. Menambah koneksi dalam karier bukan lagi menjadi hal yang sulit didalam coworking space.

Kekurangan :

  • Ada biaya sewa yang kadang tidak sesuai dengan budget, terutama jika kamu hanya ingin datang untuk mengerjakan tugas sekolah.
  • Meskipun sudah ada banyak coworking space dikota-kota besar, untuk mendapatkan coworking space yang dekat dengan rumah masih terasa agak sulit.

Nah itu dia beberapa perbandingan bekerja didalam café dan coworking space. Semoga bermanfaat!