Bisnis Mudah, Uang Lancar? Dropshipper Aja!

, , Comment closed

dropship

unsplash.com

Kamu sedang mencari uang sampingan untuk memenuhi kebutuhan kamu? Jadi dropshipper aja! Bisnis ini adalah bisnis yang cukup mudah dan semua orang bisa melakukannya. Selain itu menjadi dropshipper berarti Anda tidak membutuhkan modal banyak, karena kamu tidak perlu stock barang dagangan atau menyewa tempat untuk menyimpan barang dagangan tersebut. Kamu cukup memiliki media online untuk menjual barang dagangan dan tempat untuk bekerja supaya lebih produktif seperti coworking space di Jakarta yang murah namun tetap memiliki fasilitas yang memadai untuk bekerja. Cocok banget untuk kamu yang ingin mencari uang sampingan tanpa harus repot-repot mengeluarkan uang dan tenaga yang banyak.

Dropship kini bukan jadi kata yang asing lagi. Banyak sekali toko-toko online yang berjualan dengan menggunakan sistem ini. Buat kamu yang belum tahu apa itu dropship, droship adalah sistem berjualan dimana kamu tidak membeli langsung pada penjual (supplier), melainkan ke perantara (dropshipper). Sama seperti jasa titip, dropshipper menempatkan harga yang lebih mahal daripada penjual asli. Dari situlah pendapatan dropshipper berasal, yaitu dengan menaikan harga barang. Barang yang dibeli akan dikirim langsung dari penjual asli, bukan dari dropshipper. Jadi pada akhirnya tugas dropshipper hanyalah memasarkan barang dagangan penjual lain, membuat bisnis satu ini sangat mudah dilakukan dan bisa memberi keuntungan yang banyak!

Berikut tips menjadi dropshipper yang suskes!

  • Pilih Barang yang Akan Kamu Jual

Hal pertama yang kamu lakukan untuk memulai bisnis dropship adalah memilih barang dagangan yang akan kamu jual. Pilih barang dagangan dengan baik, jangan sampai kamu memilih barang dagangan yang sulit untuk dijual. Pilih barang yang kamu sesuai dengan hal-hal yang kamu sukai, ini mendorong kamu untuk bekerja lebih semangat daripada sebelumnya. Ditambah lagi, banyak supplier yang sering memberikan bonus kepada dropshipper yang laku menjual barang dagangannya. Ini bisa membuat kamu menjadi lebih produktif dalam bekerja. Jika kamu tidak mendapatkan barang dagangan yang sesuai dengan hal-hal yang kamu suka, kamu bisa memilih barang yang sedang ngetrend. Ini bisa mendorong tingkat pendapatan kamu dengan cepat. Namun perlu diingat, banyak tidak semua trend bisa bertahan lama, maka kamu sudah harus siap mencari rencana B jika suatu saat barang dagangan sudah tidak nge-trend atau dikalahkan dengan trend yang baru.

  • Cari Supplier Dengan Kriteria Dibawah Ini

Menjadi dropshipper, berarti kamu akan terus bekerja dengan orang lain. Maka dari itu kamu perlu mencari supplier yang memiliki kriteria dibawah ini:

  1. Dapat terpercaya

Ini dilakukan untuk menghidari menjadi korban penipuan, atau bahkan menjadi pelaku penipuan tanpa kamu sadari. Cari supplier yang sudah memiliki pengalaman dan dapat dipercaya dengan langsung berkomunikasi dengan supplier dan melihat testimoni dari pembeli sebelumnya. Semakin banyak testimoni yang baik, semakin supplier dapat dipercaya.

  1. Fast Respond

Nah, ini adalah hal terpenting. Cari supplier yang mampu memberikan feedback secara cepat. Supplier yang lama membalas bisa membuat kamu menjadi repot atau bahkan kehilangan pelanggan. Pastikan kamu selalu dibalas oleh supplier dengan cepat untuk memastikan pekerjaan menjadi lancar.

  • Buat Konten Semenarik Mungkin

Meskipun kamu menjual barang orang lain, bukan berarti kamu menjadi tidak kreatif. Gunakan kesempatan ini untuk mengasah ide-ide kamu dengan membuat konten yang menarik dan se-kreatif mungkin. Konten yang bagus dan original bisa mendorong penjualan kamu!

  • Siapkan Medianya

Gunakan media yang banyak digunakan oleh calon-calon pembeli. Pilih media untuk memasarkan barang dagangan, seperti media sosial atau e-commerce. Selain itu juga pilih media komunikasinya. Jika kamu memilih menggunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook, jangan lupa untuk memilih media komunikasinya. Kamu bisa menggunakan Whatsapp, Line, atau bahkan email yang dikhususkan untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan dan supplier. Ini dilakukan untuk memudahkan kamu memisahkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Sekian adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis dropship. Semoga bermanfaat! (Della)