Beragam Jenis Rumput Laut yang Aman Dikonsumsi

, , Comment closed

Bagi Anda yang suka makan rumput laut, ada kabar bagus nih. Sebab ternyata, rumput laut bisa menjadi salah satu cara kurus alami karena diyakini dapat mengatur hormon leptin, mengurangi rasa lapar, serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Rumput laut tak hanya enak dikonsumsi tetapi juga mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral.

Namun demikian, apakah Anda sudah tahu rumput laut jenis apa yang aman dikonsumsi? Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa jenis rumput laut yang bisa Anda coba:

  1. Nori merupakan salah satu jenis rumput laut yang paling sering Anda konsumsi. Bentuknya seperti lembaran tipis dengan rasa yang agak gurih meski belum dibumbui. Biasanya, nori ini seringkali digunakan untuk menggulung sushi atau ditambahkan sebagai pelengkap dari ramen. Meski warnanya
    rumput laut

    rumput laut

    hijau, ternyata nori ini terbuat dari ganggang merah, lho.

  2. Sea lettuce. Sea lettuce merupakan nori hijau yang bentuknya mirip dengan selada. Rumput laut ini bisa dimakan dalam bentuk mentah bersama salad atau bahkan dimakan untuk campuran sup. Rasanya gurih dan agak amis, namun tetap lezat dikonsumsi.
  3. Tidak hanya nori yang dibuat dalam bentuk lembaran, tetapi kelp juga! Kelp merupakan rumput laut yang terbuat dari ganggang cokelat, lalu diolah sedemikian rupa dan dikeringkan hingga menjadi lembaran. Kelp ini biasanya dijadikan sebagai bahan baku mie bebas gluten. Pernah coba?
  4. Siapa bilang rumput laut tak bisa jadi penyedap rasa? Yap, salah satu jenis rumput laut yakni kombu, ternyata sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat kaldu sup karena memiliki rasa yang sangat kuat. Gurih dan sangat lezat!
  5. Agar dan Karagenan. Satu lagi jenis rumput laut yang sering Anda konsumsi: agar dan karagenan! Rumput laut ini bentuknya seperti jelly sehingga seringkali dibuat dalam bentuk agar-agar aneka rasa, serta sebagai pengental dalam berbagai produk makanan. Hayo, siapa yang pernah menemukan olahan dari agar ini?
  6. Arame memiliki rasa yang ringan, manis, dan teksturnya cukup kuat. Biasanya, arame diolah menjadi berbagai makanan, termasuk makanan yang dipanggang.
  7. Bagi Anda yang sering mengonsumsi salad rumput laut segar, pasti sudah pernah mencicipi wakame. Wakame merupakan ganggang cokelat yang biasa dijadikan bahan utama untuk membuat salad rumput laut, yang juga bisa diolah menjadi sup lezat.

Itu dia beberapa jenis rumput laut yang aman dikonsumsi dan diolah menjadi beragam masakan. Mana yang paling ingin Anda coba konsumsi? Semoga membantu!