Benarkah Makanan Ini Bisa Picu Keguguran?

, , Comment closed

Ibu tentu sudah tidak asing lagi dengan kata ini, kan? Yap, keguguran merupakan masalah serius yang muncul selama periode kehamilan dan kemunculannya paling ditakuti oleh wanita hamil, khususnya ibu hamil muda. Terjadinya keguguran ini biasanya dipicu oleh beberapa faktor penyebab, salah satunya adalah makanan. Meski sudah mengonsumsi susu UHT untuk ibu hamil, akan tetapi tetap memakan beberapa makanan pemicu keguguran ini, maka hal tersebut pun tidak akan bisa membantu.

Adapun beberapa makanan yang dipercaya dapat menggugurkan kehamilan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pepaya Muda. Sebagian dari Ibu mungkin sangat suka mengonsumsi pepaya muda, kan? Pepaya muda memang memiliki rasa yang cukup enak dan tidak membuat kita enek saat mengonsumsinya. Namun, tahukah Ibu, memakan pepaya muda ini saat hamil ternyata tidak boleh, loh! Kenapa? Ya, ini karena dalam pepaya muda terkandung senyawa lateks, di mana kandungan ini dapat menyebabkan terjadinya kontraksi pada kandungan. Di samping itu, senyawa lateks ini juga dapat mengeluarkan hormon oksitosin dan prostaglandin di dalam tubuh sehingga akan semakin memudahkan
    kehamilan

    kehamilan

    persalinan. Jadi tidak heran jika papaya muda masuk dalam daftar makanan yang perlu dihindari ibu hamil.

  2. Daging setengah matang. Daging setengah matang ini memang memiliki rasa yang enak, akan tetapi jangan dikonsumsi saat hamil ya, Bu. Sebab daging yang belum matang dengan utuh sangat mudah terkontimasi oleh parasit seperti Toksoplasma Gondii yang mana parasit ini dapat mengakibatkan keguguran dan bayi lahir dalam keadaan sudah meninggal. Selain itu, daging setengah matang ini juga mengandung bakteri Salmonella yang sangat berbahaya untuk janin. Hal ini juga berlaku untuk daging yang masuk spesies unggas.
  3. Telur setengah matang. Tidak hanya daging, Ibu juga dilarang mengonsumsi telur setengah matang saat hamil, khususnya saat hamil muda. Mengapa? Yap, telur yang masih dalam keadaan mentah tersebut mengandung bakteri Salmonella, bakteri ini dapat meningkatkan keguguran atau kematian janin di dalam rahim. Untuk itulah, Ibu sangat tidak disarankan mengonsumsi telur setengah matang ini ketika hamil.

So, jangan konsumsi makanan di atas ketika hamil ya, Bu! –SH–