Belajar Menulis Berita Dengan Menjadi Wartawan Cilik

, , Comment closed

kidzania

happyfun.asia

Menjadi wartawan adalah sebuah pekerjaan yang cukup sulit. Sebab, mereka harus selalu siap mengejar berbagai kejadian yang baru terjadi dan kemudian menginformasikannya pada masyarakat. Semakin cepat wartawan memberikan informasi, maka penilaian seseorang terhadap wartawan tersebut akan semakin baik karena terus memberikan berita yang ter-update. Inilah salah satu hal yang akan diajarkan dalam newspaper edition yang ada di tempat wisata edukasi anak di Jakarta, yaitu Kota Kidzania.

Namun, apakah memberikan berita ter-update saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Untuk menjadi seorang wartawan yang baik, ada beberapa hal yang juga harus dipahami oleh anak, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Jujur dan integritas: Seorang wartawan yang baik tidak boleh memberitakan sebuah kebohongan pada masyarakat hanya demi mengejar keuntungan. Semua berita yang ditulis atau diinfokan haruslah sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Selain itu, seorang wartawan juga tidak boleh memanipulasi data yang dimilikinya untuk kepentingan pribadi.
  • Tanggung jawab: Wartawan yang baik harus bisa mempertanggung jawabkan semua berita yang sudah ditulisnya. Baik ataupun buruk tulisannya, mereka harus mampu bertanggung jawab atas itu. Hal ini berkaitan dengan kejujuran dalam penulisan berita. Jika berita yang dibuat memang benar terjadi tanpa adanya manipulasi, maka seorang wartawan tidak perlu takut ketika diminta untuk mempertanggung jawabkan hasil kerjanya tersebut.

Seperti layaknya seorang wartawan profesional, anak akan diajak berkeliling Kota Kidzania untuk mencari sumber berita. Jika anak menemukan sesuatu yang menarik, maka anak bissa langsung menuangkannya dalam bentuk tulisan yang nantinya akan dicetak dalam koran. Anak juga boleh berinteraksi dengan narasumber, misalnya bertanya pada narasumber yang terlibat dalam sumber berita. Secara langsung, anak akan belajar untuk berani berinteraksi dengan orang lain sehingga dapat meningkatkan kemampuannya berkomunikasi. Selain itu, anak juga bisa bekerjasama dengan wartawan lainnya dalam mencari sumber berita yang menarik untuk ditulis.

Untuk anak yang lebih senang bekerja di balik layar, bisa mencoba profesi editor. Profesi ini akan mengajarkan anak bagaimana cara melakukan editing untuk berita yang telah ditulis sebelum dicetak. Setelah semua proses selesai, maka anak bisa membawa pulang hasil kerjanya, yaitu sebuah koran dengan berita yang ditulis atau diedit oleh anak. Sangat menarik sekali, kan? (Vita)