Belajar Bicara Bahasa Inggris Melalui Internet

, , Comment closed

Semakin berkembangnya teknologi internet saat ini, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi. Bahkan, mulai banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi internet untuk mempelajari bahasa asing, salah satunya yaitu sebagai media untuk belajar bahasa inggris. Mereka merasa bahwa kemampuan bicara bahasa inggris mereka sudah cukup baik, meskipun hanya belajar sendiri melalui internet. Sehingga, merasa bahwa mereka tidak perlu lagi mempelajari bahasa inggris di berbagai lembaga pendidikan. Namun, apakah memang belajar bicara bahasa inggris sendiri melalui internet memang benar-benar sudah cukup?

Dalam media internet, kita bisa mendapatkan berbagai materi yang kita butuhkan untuk keperluan belajar bahasa inggris. Dari mulai berbagai kosakata dalam bahasa inggris, pola kalimat, serta berbagai aturan lainnya. Bahkan, banyak juga soal-soal latihan yang bisa kita dapatkan melalui internet, untuk membantu kita memahami bahasa inggris lebih dalam. Untuk kemampuan listening, ada banyak sekali website yang menyediakan fasilitas kursus bahasa inggris online secara gratis. Kita hanya perlu men-download materi yang di upload oleh website tersebut, dan kemudian mendengarkannya. Berbagai fasilitas ini, sangatlah bermanfaat dan membantu kita dalam mempelajari bahasa inggris lebih dalam. Namun sayangnya, fasilitas ini sebenarnya tetaplah belum sempurna, karena belum sepenuhnya mendukung proses belajar kita, karena kita tidak bisa benar-benar melatih kemampuan kita berbicara bahasa inggris.

Ketika kita mempelajari bahasa inggris, tentunya kita tidak hanya ingin mampu untuk menyusun kalimat atau mengerti percakapan bahasa inggris saja, tetapi kita juga ingin mampu secara aktif terlibat dalam percakapan bahasa inggris. Saat kita mempelajari bahasa inggris melalui internet, tidak akan ada orang yang dapat menilai pronunciation yang kita ucapkan. Dengan begini, kita tidak akan mengerti, apakah kata yang kita ucapkan sudah tepat atau belum. Biasanya, kita hanya akan belajar mengucapkan kata-kata berdasarkan pada apa yang kita dengar ketika orang lain menyebutkan kata tersebut. Jika pendengaran kita salah dan tidak ada orang lain yang memperbaikinya, tentunya kesalahan ini akan terus terbawa.

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika kita memilih belajar bahasa inggris sendiri tanpa mengikuti lembaga pendidikan apapun, namun ada baiknya jika kita tetap didampingi oleh orang yang sudah menguasai. Setidaknya, akan ada yang dapat memperbaiki kita ketika melakukan kesalahan.