Begini Cara Membeli Rumah untuk Para Milenials

, , Comment closed

Kaum milenials dikenal sebagai kaum yang hedon dan senang hura-hura. Tidak peduli seberapa besar pendapatan, milenials cenderung lebih mengedepankan gaya hidup dan tak segan pinjam uang untuk menunjang hal tersebut. Tidak heran, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kaum milenials sulit untuk membeli rumah karena tingginya pengeluaran untuk menunjang gaya hidup mereka.

Namun demikian, untuk kamu para milenials yang ingin memiliki kredit rumah pada usia muda, sebetulnya hal tersebut bukanlah hal yang mustahil, lho. Ada cara mudah yang bisa diterapkan, seperti yang tertulis dalam daftar berikut:

  1. Ketahui pemasukan dan pengeluaran bulanan. Sebelum mulai menabung, kita harus tahu seberapa besar pemasukakreditn setiap bulan dan seberapabesar dana yang pasti kita keluarkan. Buat daftar pengeluaran seperti pengeluaran untuk transportasi, uang makan, internet, dan lain sebagainya, lalu lihat seberapa besar sisa uangnya.
  2. Tabung uang. Sisihkan dana yang tersisa untuk menabung. Ketika mendapat gaji bulanan atau mendapat pemasukan di rekening, langsung sisihkan uang tersebut untuk ditabung. Simpan dalam rekening terpisah sehingga kita tidak akan mengotak-atik dana tersebut. Setelah uang ditabung, barulah kita bisa menggunakan dana sisanya untuk kebutuhan bulanan. Dengan demikian, ketika akhir bulan tiba, tabungan di dalam rekening terpisah tidak akan terpakai.
  3. Hindari pemakaian kartu kredit. Meski memudahkan, ternyata kartu kredit memiliki manfaat negatif dibanding manfaat positif. Pasalnya, kita terbiasa memudahkan sesuatu dengan adanya kartu kredit ini. Pada akhirnya, ketika tagihan keluar, uang bulanan kita habis untuk membayarkan tagihan-tagihan ini. Hmm, tidak mau hal ini terjadi, bukan? Jadi, kalau tidak penting dan butuh-butuh amat, hindari pemakaian kartu kredit, ya.
  4. Berhenti berlangganan jika tidak digunakan. Sebagai anak muda, kita pastinya sering berlangganan sesuatu entah itu langganan majalah, televisi kabel, bahkan keanggotaan gym. Namun demikian, ketika diingat-ingat, kita terlalu sibuk berada di kantor sehingga tidak pernah menikmati waktu berlangganan ini. Lebih baik stop saja dan gunakan uangnya untuk menabung. Televisi kabel kini bisa digantikan dengan layanan streaming internet dan untuk gym, bisa diganti dengan berolahraga di akhir pekan, kok. Lebih hemat, kan?
  5. Stop nongkrong. Sepulang kerja, sambil menunggu kemacetan terurai, seberapa sering kita nongkrong di café atau restoran bersama rekan kerja? Hmm, tidak bisa dihitung jari, ya. Yap, nongkrong memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda. Sekali nongkrong, minimal puluhan ribu keluar untuk membayar makan dan minum. Jika ditotalkan selama sebulan, sudah berapa juta yang dihabiskan untuk menunjang nongkrong-nongkrong ini?

Nah, jika kita menerapkan prinsip di atas, bukan tidak mungkin rumah impian bisa terbeli bahkan sebelum menikah. Gimana, siap menabung demi memboyong rumah impian? Segera kencangkan ikat pinggang dan selamat mencoba, ya!