Beberapa Jenis Alergi yang Sulit Dihindari

, , Comment closed

Alergi adalah suatu kondisi yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Pada sebagian orang yang sudah menyadari bahwa dirinya alergi terhadap sesuatu, mungkin dapat menghindarinya sehingga tidak perlu menggunakan asuransi kesehatan untuk biaya pengobatan terhadap alergi ini. Namun, sayangnya, terkadang ada jenis alergi yang sangat sulit untuk dihindari. Meskipun kita sudah berusaha keras menghindarinya, namun karena bisa dibilang penyebab alergi ini adalah sesuatu yang alami, sehingga hampir mustahil menghindarinya.

Apa sajakah alergi tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Debu

Kita pasti akan menemukan debu dimanapun kita berada. Meskipun mungkin kita sudah berusaha untuk mencegah munculnya alergi ini dengan membersihkan rumah secara rutin, namun kita tidak mungkin menghindari debu yang ada di area luar rumah. Misalny, saat berada di kantor, di sekolah, di pusat perbelanjaan, atau tempat umum lainnya. Alergi debu ini sering kali ditandai dengan batu atau bersin yang tak kunjung henti. Mungkin tidak berbahaya, namun cukup mengganggu aktivitas.

  • Gigitan serangga

Jangan berpikir gigitan serangga itu hal yang mudah dihindari, sebab ada satu serangga yang sulit dihindari, yaitu nyamuk. Yap, menghindari gigitan serangga bukanlah hal yang mudah. Sebab, nyamuk adalah hewan yang sangat kecil dan sangat sulit untuk dihindari. Untuk alergi ini, efek yang biasanya ditimbulkan adalah munculnya tonjolan pada lokasi bekas gigitan nyamuk dan rasa gatal yangmelebihi kondisi normal.

  • Suhu

Alergi ini bisa muncul ketika suhu terlalu panas hingga tubuh terus mengeluarkan keringat, atau suhu terlalu dingin. Sama seperti poin sebelumnya, alergi terhadap suhu tinggi (panas) biasanya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit, dan terkadang disertai dengan tonjolan berisi air dan pada beberapa kondisi disertai dengan rasa gatal. Namun, pada kondisi yang cukup parah, alergi terhadap suhu (baik rendah maupun dingin) dapat menimbulkan reaksi lain seperti sesak napas, muntah, dan beberapa hal lain yang cukup berbahaya.

  • Hewan

Kalau alergi hewan, kan tinggal tidak perlu memelihara hewan? Yap, mungkin itu adalah salah satu penyelesaian. Namun, hewan liar juga sering ada disekitar kita. Seandainya saja, kita bertamu ke rumah seseorang yang memelihara banyak hewan, tentunya akan sberbahaya juga bukan? Sama seperti pada alergi suhu, alergi terhadap hewan ini juga bisa menimbulkan efek yang beragam, dari yang ringan hingga yang cukup berbahaya