Beberapa Istilah dalam Dunia Online Shopping

“Semua barang ready stock!”

Sering membaca kalimat ini ketika sedang browsing di sosial media atau membuka web e-commerce? Bagi Anda yang senang berbelanja secara online melalui ponsel atau laptop pastinya sudah familiar, ya.

Akan tetapi, sudahkah kamu paham dengan istilah dalam dunia online shopping?

Sudah paham dengan kalimat pembuka di atas? Apa sih arti ready stock?

Ready stock, yang berasal dari bahasa Inggris, berarti stok tersedia. Hal ini berarti semua barang yang dijual tersedia dan siap kirim ketika ada pembeli yang tertarik. Kamu tidak perlu menunggu lama; tinggal pesan, bayar, dan tunggu barang sampai ke rumahmu.

Nah, selain ready stock, ada banyak lagi istilah yang harus kamu pahami dalam dunia online shopping. Di antaranya adalah:

  1. Kamu yang sering belanja online pastinya sering mendengar kata PO. Yap, PO sendiri merupakan singkatan dari Pre Order. Artinya, barang yang dijual tidak tersedia di gudang atau toko, sehingga jika ada pembeli yang berminat, maka mereka harus memesan terlebih dahulu baru dibeli oleh si pemilik toko. Sistem PO ini memakan waktu yang cukup lama sehingga kamu harus sabar aja deh menunggunya.
  2. Restock berarti semua barang yang pernah habis (out of stock), kini sudah tersedia lagi. Biasanya karena tingginya animo pembeli terhadap suatu barang, penjual pun mengusahakan untuk me-restock barang tersebut setelah habis.
  3. Dalam dunia online shopping, banyak toko yang mengklaim dirinya sebagai trusted seller. Nah, apa artinya? Label trusted ini disematkan pada toko yang terpercaya. Jadi, pembeli tidak perlu takut ditipu karena penjualnya jujur dan memiliki nilai positif dalam dunia online shopping.
  4. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, biasanya toko yang trusted memiliki banyak testimonial dari para pembelinya. Testimonial atau biasa disebut testi biasanya berisi pesan dan kesan dari pembeli setelah menerima barang dagangan yang mereka beli. Kalau mereka puas, maka mereka akan menuliskan pujian; sebaliknya kalau mereka merasa tidak puas, mereka akan memotret benda yang mereka beli, menuliskan mengapa mereka tidak puas, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia beberapa istilah yang banyak beredar di dunia online shopping. Semoga membantu, ya!