Bahaya Micin Bagi Tumbuh Kembang Anak

, , Comment closed

eat

unsplash.com

Micin atau nama ilmiahnya Monosodium Glutamat adalah zat yang sering digunakan untuk penyedap rasa makanan. Meskipun makanan menjadi lebih nikmat, zat ini bisa menjadi boomerang untuk kesehatan Anda dan anak. Efek dari MSG atau micin tidak dapat dilihat secara langsung, sehingga mengkonsumsi makanan mengandung MSG jarang menjadi perhatian khusus. Padahal banyak sekali efek samping yang ditimbulkan, salah satunya merusak tumbuh kembang anak. Anda harus meluangkan waktu dan tenaga Anda untuk menjaga pola makan anak dan menghindari makanan yang mengandung MSG. Untuk menjaga anak dan Anda dari kerugian finansial jika suatu saat terjangkit  penyakit yang bisa saja disebabkan oleh MSG, ada baiknya Anda mulai mencari produk asuransi syariah atau asuransi biasa sebagai bentuk antisipasi.

Berikut adalah bahaya MSG bagi tumbuh kembang anak!

  • MSG dapat menurunkan fungsi otak

Beberapa MSG yang diperjual-belikan dipasaran mengandung senyawa oksitosin yang bersifat racun untuk tubuh. Zat ini jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering bisa mematikan sel-sel neuron yang ada didalam otak. Ini menjelaskan bagaimana MSG dapat mempengaruhi perkembangan otak menjadi terhambat atau bahkan menurun. Jelas ini juga akan mempengaruhi kinerja anak dalam belajar, sosial dan berkativitas sehari-hari.

  • MSG meningkatkan risiko obesitas

MSG bisa memberikan rasa adiktif, dimana sulit rasanya untuk berhenti makan-makanan yang mengandung micin. Ini bahaya untuk anak, karena anak masih belum bisa memahami bahaya MSG secara keseluruhan dan juga belum dapat membangun prinsip untuk menahan diri dari makanan-makanan lezat berbumbu tersebut. Efek ketagihan ini menyebabkan anak menjadi sering makan-makanan tidak sehat yang bisa berakhir pada obesitas.

  • MSG mempengaruhi fungsi saraf 

Kerusakan pada saraf tidak bisa dilihat secara langsung, namun ada beberapa ciri yang bisa ditemukan pada anak yang mengalami penurunan fungsi saraf karena MSG. Seperti sering sakit kepala, insomnia dan mudah lelah. Tidak jarang juga mengkonsumsi MSG berlebihan bisa mempengaruhi saraf orang dewasa juga, seperti sering kesemutan atau badan terasa kaku.

Sesungguhnya konsumsi MSG tidak akan menjadi bahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secukupnya saja. Namun ada baiknya untuk memulai gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan Anda dan anak supaya anak juga belajar pentingnya menjaga kesehatan. Biasakan untuk memilih makanan buatan sendiri daripada memilih makanan dari luar seperti cepat saji atau jajanan. Semoga bermanfaat!