Bahaya dinding Lembab dan Berjamur

, , Comment closed

Negara yang berada di iklim tropis seperti Indonesia cenderung memiliki masalah yang sama pada dinding rumahnya, yaitu masalah rembesan dan jamur yang terdapat di dinding. Rembesan pada dinding ini biasanya ditandai dengan dinsing yang terus menerus basah dan lembab jika di sentuh, dan jika hal ini tidak segera di atasi, seringkali menimbulkan tumbuhnya jamur di lokasi lembab tersebut. Banyak orang yang mengambil cara praktis dengan mengaplikasikan Cat Pelapis pada dinding rumahnya sebelum melapisinya lagi dengan Cat Dinding atau dengan Walpaper.

Bagi yang baru atau sedang dalam tahap membangun rumah, biasanya akan memikirkan cara mengantisipasi hal ini sebelum rumah tersebut jadi, namun bagi yang memiliki rumah yang sudah siap dan menemukan masalah ini setelah tinggal sekian lama, seringkali memilih untuk mengabaikan permasalahan ini dengan alasan bahwa ini bukan sebuah masalah besar.

Padahal, jika diperhatikan lebih baik lagi, masalah rembesan pada dinding apalagi jika sampai menimbulkan jamur adalah hal yang berbahaya dan harus segera di atasi karena dapat berdampak buruk tidak hanya pada penampilan dan keindahan rumah saja tetapi juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini adalah bahaya yang dapat ditimbulkan oleh jamur pada dinding:

  • Merusak Bangunan

Bangunan yang mulai ditumbuhi jamur akan mengalami penurunan kualitas, secara otomatis akan berdampak pada penurunan ketahanan dan kekuatan dari bangunan tersebut. Jika hal ini dibiarkan terus, tidak menutup kemungkinan jamur akan semakin meluas dan membuat ketahanan bangunan rumah menjadi rendah.

  • Merusak Perabotan

Jamur pada dinding dapat berkembang biak dan dapat dengan mudah menempel pada perabotan rumah, terutama yang terbuat dari kayu atau yang mengandung cat. Hal ini akan menyebabkan kerusakan perabotan yang semakin cepat.

  • Merusak Makanan

Tidak hanya dapat menempel pada perabotan saja, tetapi juga dapat menempel pada berbagai jenis makanan. Sehingga mempercepat proses pembusukan makanan. Sangat berbahaya jika jamur yang telah menyebar ke makanan tersebut masuk kedalam tubuh.

  • Menyebabkan Alergi

Jika jamur yang tersebar diudara jatuh dan menempel pada luka maka akan dapat menimbulkan infeksi. Selain itu, jamur ini juga dapat menjadi penyebab berbagai penyakit seperti asma, bronchitis, urticaria dan berbagai penyakit alergi lainnya.