Bagaimana mengatasi Google Penguin?

, , Comment closed

Google penguin bukanlah istilah baru di dunia digital, terutama bagi mereka yang menjalankan SEO. Google Penguin adalah salah satu dari algoritma Google yang dibuat untuk memastikan sebuah website memiliki backlink berkualitas, algoritma ini muncul pada 24 April 2012.

Dalam dunia online, sebuah website dapat menerima backlink dari mana saja, tidak tertutup kemungkinan website Anda juga, bahkan backlink yang tidak berkualitas sehingga tanpa disadari Google Penguin telah datang dan memberikan penalti.Jika Anda memiliki SEO consultant mungkin hal ini tidak terlalu mengkhawatirkan, namun jika tidak mungkin Anda akan bingung.

Berikut 2 tips dari Marie Haynes yang diposting di situs SearchEngineWatch untuk mengenali website yang terkena Google Penguin :

  1. Perhatikan traffic pada google analitik. Jika website Anda terkena google penguin maka pada umumnya traffic terutama dari organic search akan jatuh drastis.
  2. Posisi kata kunci website pada halaman mesin pencarian pun mengalami penurunan padahal website sudah Google friendly.

Setelah analisa dilakukan, dan Anda mendapati bahwa kedua hal tersebut dialami maka kemungkinan besar website Anda terkena penalti dari Google. Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah langkah apa yang perlu dilakukan setelah website terkena pinalti?

Jika website Anda terkena penalti google penguin, Anda tidak perlu membuat website baru. Anda dapat tetap mempertahankan website Anda dengan catatan Anda harus memperbaiki backlink yang dianggap Google tidak berkualitas. Untuk mengetahuinya Anda harus memakai bantuan Google Consule.

Google Consule merupakan salah satu tools dari google yang dapat Anda pakai free dan harus di implementasikan pada website. Dengan memakai Google consule, Anda akan bisa tahu website-website pemberi backlink ke pada website Anda. Dan dari sini juga kita bisa menggunakan tool disallow untuk menghapuskan link yang tidak berkualitas sebagai pencegahan.

Namun, jika Anda tidak tahu link mana saja yang tidak berkulitas, jangan takut karena dalam kurung waktu 2-5 bulan, posisi website memang akan turun karena Google sedang menghapus link yang tidak berkualitas dari website. Setelah proses pembersihan dilakukan, website Anda secara perlahan akan kembali naik. Dan untuk meminimalisir waktunya, bisa dilakukan proses SEO white hat untuk membuat backlink yang berkualitas.