Awas, Sayuran Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berkali-Kali

, , Comment closed

Menyimpan makanan sisa, termasuk sayuran, ke dalam kulkas mungkin menjadi hal yang biasa. Bahkan beberapa orang memang sengaja memasak di malam hari, menyimpannya di kulkas, dan baru dihangatkan saat hendak makan. Tindakan ini dianggap lebih efisien, hemat waktu, dan praktis. Namun demikian, tahukah Anda bahwa ada beberapa sayuran yang bisa membahayakan tubuh jika dipanaskan berulangkali? Anda mengonsumsi sayur agar sehat, bukan menjadi sakit dan memaksa Anda untuk mengajukan Allianz Klaim asuransi kesehatan untuk biaya berobat. Untuk itu, kenali beberapa jenis sayur berikut ini agar Anda tidak salah mengolahnya.

  1. Sayur bayam. Anda tentu sudah tahu jika sayur bayam tidak tahan lama dan hanya bisa dikonsumsi dalam waktu 5 jam saja. Hal ini disebabkan
    buah bit

    buah bit

    karena bayam mengandung zat besi dan nitrat yang tinggi. Jika dikonsumsi lebih dari 5 jam, kandungan ini akan berubah menjadi nitrit dan akan bereaksi dengan zat besi di dalam pembuluh darah. Akibatnya, sel darah merah Anda akan sulit mengikat oksigen dan bisa membahayakan. Tak hanya harus segera dikonsumsi, sayur bayam juga tidak boleh dihangatkan, ya.

  2. Jamur seringkali diolah menjadi tumis jamur yang gurih dan nikmat sebagai menu sayur harian. Namun demikian, sama halnya seperti sayur bayam, jamur juga tidak boleh dipanaskan selama berulangkali. Sebab jamur mengandung vitamin B dan protein yang jika dipanaskan bisa menyebabkan diare, perut kembung, dan berbagai gangguan pencernaan lainnya. Untuk itu, lebih baik masak jamur dalam porsi kecil agar cepat habis dibanding memasaknya dalam jumlah banyak.
  3. Agar sayur terasa lebih nikmat, Anda mungkin sering menambahkan seledri ke dalamnya. Namun demikian, tahukah Anda bahwa seledri ternyata juga tidak bisa dipanaskan berulangkali? Ya, kandungan nitrat dalam seledri bisa berubah menjadi nitrit ketika dipanaskan. Akibatnya, Anda pun sering merasa lemas dan mengalami gangguan cerna.
  4. Mungkin Anda jarang mengolah bit menjadi sajian sayuran, namun tak ada salahnya mengetahui jika bit tidak boleh dipanaskan berkali-kali. Sama seperti seledri, bit juga mengandung nitrat yang bisa berubah jadi nitrit jika dimasak berkali-kali. Jika Anda ingin mengonsumsi bit, sebaiknya olah bit menjadi jus.

Itu dia beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan berkali-kali. Semoga membantu, ya!