Awas, Mematikan Mobil Secara Tiba-tiba Bisa Mengakibatkan Hal Ini

, , Comment closed

Pengguna mobil tentu harus merawat mobilnya dengan baik agar umurnya bisa bertahan lama. Salah satu caranya adalah dengan rutin membawa mobil ke bengkel dan tidak pernah terlambat mengganti oli. Ada beragam daftar harga oli mesin mobil di pasaran, pastikan Anda memilih oli yang terbaik untuk mobil. Akan tetapi, merawat mobil bukan hanya seputar urusan bengkel saja lho, Anda juga perlu mengetahui hal yang paling sepele sekalipun. Nah, salah satu hal yang sering diremehkan adalah cara mematikan mobil. Tak jarang pengguna yang sering mematikan mobilnya secara tiba-tiba. Padahal, kebiasaan sepele ini bisa berakibat buruk pada mesin.

Apa yang terjadi jika Anda sering mematikan mobil dengan tiba-tiba? Tidak pernah tepat mematikan mobil akan berujung pada kerusakan mesin mobil.

Mesin mobil yang tadinya melaju kencang, akan terkejut jika Anda langsung mematikannya tanpa melakukan langkah yang benar. Terlebih lagi jika oli mobil jarang diganti, kebiasaan ini bisa makin berdampak buruk pada mesin. Saat mobil mendaadak mati, tekanan pelumas tentu akan menurun drastis. Hal ini mobilbisa membuat piston mengembang sehingga lama kelamaan akan aus dan rusak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan langkah-langkah yang tepat sebelum mematikan mesin mobil seperti berikut ini.

  • Sebelum mematikan mesin mobil, kurangilah kecepatan secara bertahap, misalnya dari 40 km/jam menjadi 20 km/jam hingga benar-benar berhenti. Jangan langsung mengerem mendadak dan langsung mematikan mesin.
  • Setelah memarkirkan mobil, tunggu kurang lebih 2-3 menit agar mesin mobil bisa kembali stabil. Usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh karena sinar matahari langsung dapat membuat mesin mobil cepat panas.
  • Kemudian jangan lupa matikan ac dan audio. Jika Anda mematikan mesin terlebih dahulu, biasanya akan menyebabkan hentakan mendadak. Hal inilah yang bisa merusak kondisi kompresor AC dan aki.
  • Terakhir, cek komponen pada mobil dengan teliti. Pastikan semuanya sudah dimatikan dengan baik, baru setelah itu matikanlah mesin mobil. (source: rotarybintaro)

So, mulai dari sekarang biasakanlah untuk mematikan mobil dengan benar ya! (Rima)