Awas, Jangan Asal Menggunakan Antibiotik

, , Comment closed

Ketika tubuh mulai terasa tidak sehat, banyak orang yang akan langsung memanfaatkan Asuransi Kesehatan Syariah untuk biaya berobat ke dokter. Harapannya, dengan segera pergi ke dokter, maka akan segera mendapatkan antibiotik untuk mengatasi penyakitnya. Bahkan, banyak yang akan meminta kepada dokter untuk meresepkan antibiotik ketika obat tersebut tidak ada dalam resep. Padahal, hal tersebut sangat salah, loh.

Yap, meskipun banyak penyakit yang membutuhkan antibiotik, kenyataannya tidak semua penyakit membutuhkannya. Hanya penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri sajalah yang membutuhkan obat ini untuk proses pengobatannya. Jika penyakit yang

antibiotik

antibiotik

Anda derita disebabkan oleh infeksi virus, maka antibiotik apapun yang Anda konsumsi tidak akan bisa mengobati Anda. Sebab, untuk infeksi virus harus diatasi dengan obat antivirus.

Akan tetapi, dampak dari mengonsumsi antibiotik secara tidak tepat bukan hanya sekadar tidak menyembuhkan penyakit Anda saja, tetapi juga bisa membuat tubuh Anda mengalami resistensi antibiotik. Kondisi ini akan membuat tubuh Anda mengalami kebal terhadap antibiotik. Akibatnya, saat tubuh Anda terserang infeksi bakteri, antibiotik ini tidak lagi mampu mengatasinya. Jika tubuh Anda sudah mengalami kebal atau resisten antibiotik, maka ada dua risiko yang harus Anda rasakan saat diserang infeksi bakteri, yaitu:

  1. Biaya pengobatan yang lebih mahal. Sebab, obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada pasien resisten akan berbeda dan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pasien non-resisten.
  2. Proses pengobatan yang lebih lama. Karena tubuh pasien telah resisten terhadap antibiotik, maka proses atau waktu yang dibutuhkan untuk mengobati penyakitnya akan lebih lama. Bahkan, untuk beberapa jenis penyakit membutuhkan proses tambahan selain minum obat, seperti tes lab maupun rawat inap.

Tentunya Anda tidak mau dong jika sampai tubuh mengalami resisten antibiotik? Sebenarnya, caranya sangatlah mudah untuk mencegahnya, yaitu:

  • Jangan pernah mengonsumsi antibiotik tanpa adanya pengawasan dokter. Saat ini beberapa jenis antibiotik bisa dibeli dengan bebas dipasaran. Meskipun begitu, sebaiknya hindari melakukan ini dan tetap konsumsi antibiotik hanya jika diresepkan oleh dokter.
  • Jika Anda sakit akibat infeksi bakteri dan diresepkan antibiotik, maka wajib bagi Anda untuk meminum sesuai jadwal dan juga menghabiskannya. Meskipun Anda sudah merasa tubuh membaik ataupun penyakit sembuh, namun tetap wajib untuk menghabiskan antibiotik. Sebab, bisa jadi masih ada sisa bakteri yang tertinggal dan akan memicu munculnya infeksi yang lebih parah.

Nah, setelah Anda mengetahui seperti apa bahayanya, semoga Anda tidak lagi sembarangan mengonsumsi aantibiotik tanpa resep dokter ya. (Vita)