Apa Pengaruh Broken Link Pada Website?

, , Comment closed

Ketika seseorang membutuhkan informasi mengenai suatu hal umumnya mereka akan memanfaatkan search engine untuk mendapatkan infonya. Kebiasaan ini lah yang membuat SEO Indonesia dianggap semakin penting untuk digunakan, baik dengan mempelajarinya sendiri ataupun memanfaatkan jasa SEO konsultan. Pemilik web/blog berusaha untuk menempatkan miliknya pada halaman awal search engine, dan berharap akan semakin banyak visitor yang datang mengunjungi web/blognya ketika visitor tersebut sedang mencari sesuatu lewat search engine.

Bagi yang menggunakan jasa SEO konsultan, tentu proses SEO ini tidak akan terlalu sulit dilakukan. Karena pihak SEO konsultan yang akan melakukan analisa pada sebuah web/blog, dan kemudian pemilik hanya perlu merubah beberapa hal pada web/blog sesuai dengan hasil analisa yang telah dilakukan. Namun, bagi yang mempelajari segala sesuatunya sendiri secara otodidak tentu membutuhkan usaha yang lebih keras dan serius. Tidak hanya teknik dan cara saja yang harus dipelajari dalam proses SEO ini, tetapi kita juga harus mengetahui apa saja hal yang akan mempengaruhi atau menghambat proses SEO yang sedang kita lakukan.

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi penilaian search engine pada sebuah web/blog yaitu keberadaan dan jumlah dead link dalam web/blog tersebut. Dead link atau link mati yaitu sebuah halaman URL yang sudah tidak berfungsi lagi, bisa karena rusak atau mati sehingga tidak dapat ditelusuri lagi. Pada saat search engine melakukan crawl terhadap sebuah web/blog dan menemukan dead link, maka search engine akan berhenti dan memberikan tanda khusus pada halaman tersebut. Jika dead link ini berjumlah sangat banyak, maka web/blog kita akan bisa terkena pinalti dari search engine.

Dead link ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Perubahan URL Website

Jika kita melakukan perubahan terhadap sebuah URL ke URL yang lain, ada baiknya melakukan redirect pada link yang lama, agar pada saat user masuk kedalam URL yang lama maka akan langsung terhubung ke alamat URL yang baru.

  • Penghapusan Isi Content pada URL

Saat kita menghapus postingan pada web/blog kita, dapat juga menghasilkan dead link. Hal ini disebabkan karena search engine telah mengindex halaman URL tersebut, dan pada saat kita menghapusnya belum terhapus secara sempurna dari search engine.