Ajak Anak Anda Belajar Jenis-Jenis Transportasi!

, , Comment closed

Anak

unsplash.com

Anak memiliki ketertarikan yang berbeda-beda setiap waktu. Salah satu ketertarikan yang paling sering ditemukan pada anak-anak, terutama anak laki-laki adalah kendaraan. Dari kendaraan tranposrtasi umum seperti mobil, bus, motor sampai transportasi alat-alat berat seperti truk tanker dan bulldozer, semua menjadi mainan dan tontonan favorit. Maka dari itu, ada baiknya orang tua juga turut memahami jenis-jenis kendaraan umum tersebut untuk mendorong daya imajinatif anak juga membangun relasi yang lebih kuat lagi.

Anda bisa melakukan banyak hal, dari hal-hal simple, seperti berbicara dengan anak Anda tentang kendaraan favoritnya, atau menonton acara TV atau online kesukaan anak Anda bersama. Anak akan merasa lebih dekat dengan Anda jika Anda memiliki kesamaan ketertarikan atau common interest, membantu anak menjadi lebih terbuka tentang diri mereka dan lebih sosial terhadap orang lain.

Kesempatan dimana anak sedang tertarik dengan kendaraan transportasi bisa Anda gunakan untuk mengedukasi anak Anda untuk mengenali berbagai macam jenis transportasi umum yang ada di Indonesia serta aturan lalu lintas seperti arti dari lampu merah, kuning dan hijau dan bagaimana cara menyebrang jalan yang baik dan benar. Informasi seperti Ini sangat membantu anak dikemudian hari.

Bantu anak Anda untuk memahami jenis-jenis transportasi; tranportasi darat, laut dan udara, bisa mendorong anak untuk berpikir secara akademik atau intelektual berupa pengamatan dan analisis yang menghasilkan kesimpulan dari jenis-jenis alat transportasi tersebut. Anak akan belajar untuk menggunakan logika mereka untuk memahami relevansi antara medan kendaraan dengan jenis kendaraan itu sendiri.

Ajak anak Anda untuk merasakan langsung berbagai macam alat transportasi, sehingga anak akan mendapatkan pengalaman yang baru. Dari becak, andong sampai transportasi besar seperti bus, kereta dan pesawat bisa memberikan anak Anda kesenangan juga edukasi yang baru. Kenalkan anak Anda dengan hal-hal kecil yang ada didalam transportasi, seperti disiplin diruang umum, jenis pekerjaan baru seperti supir dan pilot, dan juga melatih nilai, norma dan moral dalam berinteraksi dengan orang lain.

Mendidik anak tidak hanya sekedar masuk sekolah, banyak sekali hal-hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mendorong daya berpikir anak Anda. Ilmu tidak hanya sekedar membaca buku, namun juga dari pengalaman, gunakan kesempatan ini untuk mengajarkan anak dengan hal-hal yang baru untuk mendorong intelektual, imajinatif, motorik dan sosial dengan kenali jenis-jenis transportasi. (Della)