6 Makanan Yang Perlu Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

, , Comment closed

Ada cukup banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mencegah penyakit jantung, salah satunya yaitu merubah pola hidup tidak sehat yang selama ini Anda jalani. Anda mungkin merasa pola hidup sudah cukup sehat karena Anda tidak merokok, padahal ada satu hal lagi yang sebenarnya sangat memengaruhi kesehatan seseorang namun sering terabaikan. Apakah itu? Jawabannya adalah jenis makanan yang dikonsumsi.

Yap, banyak yang terkadang tidak menyadari bahwa makanan yang selama ini dikonsumsi bisa meningkatkan resiko Anda terkena penyakit jantung koroner. Seperti beberapa jenis makanan ini:

  • Garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang pasti selalu digunakan dalam setiap jenis makanan. Hal ini bukanlah masalah jika kamu menggunakannya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Namun ada beberapa orang yang senang dengan rasa asin dan cenderung menggunakan garam dalam jumlah banyak akan meningkatkan kolestrol dalam darah yang berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

  • Telur

Banyak olahragawan yang mengonsumsi telur secara rutin, berarti boleh dong makan banyak telur. Eits, jangan salah. Konsumsi telur secara berlebihan ternyata juga bisa meningkatkan resiko Anda terkena penyakit jantung koroner, loh. Penyebabnya karena telur memiliki kandungan kolestrol yang cukup tinggi sehingga akan meningkatkan kolestrol dalam darah jika dikonsumsi berlebihan. Apalagi jika telur yang dikonsumsi diolah dengan cara digoreng, maka dampak yang ditimbulkan bisa semakin besar.

  • Keripik dan gorengan

Nonton atau bekerja sambil menikmati camilan berupa keripik memang hal yang mengasikkan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner? Makanan apapun yang digoreng jika dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menyebabkan adanya reaksi inflamasi. Tumpukan lemak yang ada pada gorengan ini akan membuat pembuluh darah di jantung tersumbat.

  • Lemak jenuh

Sama seperti efek yang ditimbulkan dari konsumsi makanan yang digoreng, makanan berlemak juga akan menyebabkan munculnya tumpukan pada pembuluh darah yang membuat darah tidak dapat mengalir lancar.

  • Makanan manis

Suka dengan makanan manis? Boleh saja, asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, makanan manis yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan Anda terkena diabetes yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner.

  • Fast food

Siapa sih yang nggak pernah makan fast food? Apalagi untuk kamu yang tinggal diarea perkotaan dan dikelilingi oleh restoran fast food. Nah jika kamu termasuk salah satu penggemar makanan ini, sebaiknya mulai ubah kebiasaanmu karena makanan ini mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang cukup banyak. Dampaknya? Sama halnya dengan gorengan.