6 Cara Lezat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

, , Comment closed

Daripada jatah Allianz klaim habis karena terlalu sering berobat ke rumah sakit, lebih baik segera ubah kebiasaan buruk dan terapkan hidup sehat dari sekarang. Apalagi jika Anda sudah memiliki gejala seperti tekanan darah tinggi. Tidak cukup hanya dengan berobat, Anda harus mengubah gaya hidup Anda, terutama pola makan. Makanan bisa menjadi salah satu faktor pemicu darah tinggi tapi ada tapi beberapa makanan juga bisa menjadi penakluk tekanan darah tinggi. Apa saja makanan tersebut? Simak daftarnya di bawah ini!

  • Buah bit

Buah bit mengandung nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah. Tidak seperti buah lainnya buah bit ini memang jarang langsung dimakan begitu saja.

makanan sehat

makanan sehat

Biasanya buah bit diolah menjadi desert dan jus. Selain sehat, sebenarnya buah bit juga memiliki rasa yang nikmat.

  • Oatmeal

Oatmeal terbuat dari gandum yang rendah lemak, tinggi serat, dan juga rendah natrium. Maka tak heran kalau oatmeal memang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah membantu mengontrol tekanan darah.

  • Yogurt

Olahan susu yang kaya kalsium ini juga dapat menjadi pilihan nikmat untuk melawan darah tinggi. Namun, pilihlah yogurt yang tidak mengandung banyak pemanis. Misalnya seperti greek yogurt tanpa rasa.

  • Ikan salmon

Sering ditemui di restoran jepang, ikan salmon bukan hanya sekedar enak tapi juga kaya akan manfaat. Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada banyak makanan lezat yang dibuat dari salmon. Mulai dari sushi, sashimi, dan juga mentai. Tinggal pilih mana yang paling Anda suka.

  • Buah berry

Buah berry seperti strawberry, raspberry, terutama blueberry, juga dapat membantu menurunkan darah tinggi. Pasalnya, buah kelompok berry ini mengandung flavonoid yang dapat menjaga tekanan darah. Kalau rasanya terlalu masam untuk dimakan langsung, Anda bisa menjadikan buah berry ini sebagai topping yogurt atau mengolahnya menjadi jus.

  • Flaxseed

Pernah dengar flaxseed atau biji rami? Flaxseed memiliki bentuk seperti beras dan mengandung berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan seperti lemak baik, serat, dan omega 3. Flaxseed bisa dikonsumsi dengan dimasak terlebih dahulu atau sebagai campuran pada biskuit, kue, dan roti.

Ternyata banyak makanan nikmat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah bukan? Selain mengonsumsi makanan di atas, jangan lupa imbangi dengan olahraga. Jika tekanan darah tak kunjung turun, segera hubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut. (Rima)