6 Alasan Mengapa Website Analitik penting untuk pertumbuhan Bisnis

, , Comment closed

Seringkali kita mendengar atau membaca mengenai website analitik sangat penting untuk pertumbuhan bisnis, tapi apakah sepenting itu?

Google Analitik memberikan report yang aktual dan dapat menganalisa tentang bagaimana pengunjung website Anda berperilaku saat mereka ke website Anda, seperti misalnya berdasarkan usia mereka, jenis kelamin, lokasi, bagaimana mereka bisa “sampai” di website Anda, konten atau halaman website mana yang populer dan sebagainya

Berikut alasan utama mengapa sebuah website harus memiliki Google analytic untuk pertumbuhan website anda, dan mengapa servis google analytic ini penting:

  1. Mengenali Pengunjung Website Anda Dengan baik dan meningkatkan pengalaman pengguna website

Website menjadi salah satu pertimbangan dalam membuat keputusan bisnis Anda. Sebelum membuat keputusan untuk bisnis, Anda dapat menganalisa melalui website untuk mengetahui pengunjung Anda terlebih dahulu.

Anda dapat mengetahui siapa pengunjung situs Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi geografis, topik minat, dll., Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Demikian pula, ketika Anda mempelajari tentang teknologi (perangkat, sistem operasi, dan browser) yang mereka gunakan untuk menjelajahi situs Anda, Anda dapat menguji kompatibilitas situs Anda dengan teknologi tersebut dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

  1. Ketahui Kontent Anda, dan fokus akan hal itu

Untuk memiliki “engagement” dengan pengunjung website Anda. Google analitik dapat menunjukkan data konten mana yang paling banyak dikunjungi, rata-rata durasi, dan tingkat “pentalan” (pembaca langsung keluar dari page tersebut), sehingga Anda dapat menganalisa dan mengoptimalkan dengan baik. Anda dapat mempelajari tipe konten mana yang berfungsi dan tidak. Dengan cara itu, Anda dapat fokus pada tipe kontent untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk meningkatkan “site engagement” dan meningkatkan lebih banyak konsumen.

  1. Membantu SEO Anda

Google Analitik membantu SEO situs Anda dengan berbagai cara. Dengan mengetahui demografi dan minat pengunjung Anda, Anda dapat membuat konten yang ditargetkan dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik di Google. Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan beberapa wawasan tentang backlink dengan melacak referensi Anda.

  1. Lacak Referal teratas dan Bangun Strategi untuk Mendapatkan Lebih Banyak dari Mereka

Dengan menggunakan google analitik, Anda dapat melacak siapa yang mengarahkan sebagian besar traffic ke situs bisnis Anda, menganalisis, dan fokus pada strategi untuk mendapatkan lebih banyak rujukan dari mereka.

 

Misalnya, jika situs Anda menerima sebagian besar lalu lintas dari mesin pencari, itu artinya SEO situs Anda kuat. Sekarang dengan sedikit usaha ekstra, Anda dapat meningkatkan visibilitas online situs web Anda dan mendapatkan lebih banyak traffic  daripada sebelumnya