5 Tips Merawat Rumah Kosong Agar Tidak Cepat Rusak

, , Comment closed

Terkadang ada beberapa hal yang membuat kita memutuskan untuk pindah rumah. Namun, ada juga beberapa alasan yang membuat seseorang tidak ingin menjual rumah lamanya. Sebelum melakukan pindahan, sebaiknya pikirkan rencana secara matang. Jangan membiarkan rumah lama kosong terlalu lama. Meskipun rumah lama Anda memiliki bangunan yang kokoh, menggunakan kusen UPVC terbaik, dan telah dicat ulang sedemikian rupa, tetap saja jika dibiarkan kosong lama-kelamaan bisa terjadi kerusakan. Oleh sebab itu, jangan sampai rumah lama Anda biarkan rusak begitu saja, lakukanlah perawatan-perawatan berikut ini.

  • Mengunjungi Rumah Setidaknya Sebulan Sekali

Jika Anda akan membiarkan rumah lama kosong dalam beberapa bulan, jangan lupa untuk membersihkannya paling tidak sebulan sekali. Namun, jika Anda

rumah

rumah

bisa merawatnya lebih sering akan lebih baik. Jika Anda benar-benar sibuk dan tidak sempat untuk membersihkan rumah, Anda bisa meminta bantuan asisten rumah tangga atau orang yang Anda percaya.

  • Membuka Pintu dan Jendela Secara Berkala

Saat berkunjung ke rumah kosong, jangan lupa untuk membuka pintu dan jendela secara berkala agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar. Jika dibiarkan tertutup dalam waktu yang lama, maka udara di rumah kosong bisa menjadi lembap dan berjamur. Hal ini akan menimbulkan bau tak sedap dan menyebabakan struktur rumah seperti dinding dan kusen mudah rapuh.

  • Perbaiki Kerusakan

Jika rumah kosong tersebut memilki beberapa kerusakan, usahakan untuk memperbaikinya segera. Meskipun hanya kerusakan kecil, jika dibiarkan dapat merusak kondisi rumah. Seperti bocor, misalnya. Jika hujan, kebocoran akan menjadi semakin parah dan bisa merusak rumah Anda.

  • Bersihkan Halaman Rumah

Rumah yang kosong akan terlihat mengerikan dan terkesan kotor jika ditumbuhi dengan rumput-rumput dan tumbuhan liar. Oleh sebab itu, bersihkanlah halaman dari tumbuhan liar secara rutin. Jika tidak sempat, Anda bisa meminta bantuan tukang kebun yang bisa dipercaya.

  • Perbarui Cat Rumah

Hal lain yang membuat rumah kosong terlihat kotor dan kumuh adalah warna catnya yang pudar. Jika ditinggalkan terlalu lama, cat rumah dapat mengelupas dan pudar. Untuk mencegah hal itu, Anda perlu memperbarui cat rumah minimal satu tahun sekali.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan, semoga membantu! (Rima)