5 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis

Dalam memulai bisnis banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dalam dunia digital. Untungnya jika Anda mengembangkan bisnis Anda dalam dunia digital adalah banyak hal yang bisa di eksplore dan bahkan didukung oleh tools yang bertebaran di google yang bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu option jika Anda masih berfikir untuk menggunakan jasa digital agency di Jakarta.

Beberapa diantaranya:

  1. Canva

Langkah awal untuk bisnis, Anda dapat membuat identitas bisnis Anda berupa logo. Logo dapat Anda buat di canva. Canva sudah menyiapkan lebih dari 50 ribu template yang bisa kamu pakai secara gratis untuk mendesain tampilan brand milikmu. DI Canva juga, anda dapat mendesain post untuk Insgram

  1. Trello

Trello merupakan aplikasi untuk membuat list secara detail setiap project.Dengan Trello Anda dapat mengorganisir segala persiapan yang dibutuhkan untuk memasarkan brand. Trello dapat digunakan untuk membuat checklist, mengunggah foto atau file, serta mengundang member yang ada dalam daftar pengurus bisnis Anda untuk ikut berkolaborasi.

  1. Hootsuite

Hootsuit dapat Anda gunakan untuk mengorganisir media sosial untu bisnis Anda. Dengan hootsuit Anda dapat mengatur jadwal content yang ingin di publish untuk setiap platform sosial media yang Ada. Namun, untuk hootsuit ini berbayar.

  1. Email Marketing Tools

Email marketing menjadi salah satu strategi yang wajib Anda lakukan karena dengan email marketing Anda dapat membuat pelanggan Anda tetap update dengan produk atau jasa Anda. Untuk email marketing, Anda dapat menggunakan Mail Chimp, Get Response atau SendinBlue. Email merupakan cara pendekatan yang paling personal, oleh karena itu, buatlah konten dan bahasa email yang friendly dan tidak kaku sehingga penerima email merasa bahwa produk Anda adalah sesuatu yang konsumen butuhkan.

  1. Google Analytic

Google analitik atau tools untuk mengetahui semua traffic yang masuk sangat penting, karena dengan tools ini Anda dapat dan menganalisa traffik yang masuk. Dari analisa traffic yang asuk banyak hal yang bisa Anda dapatkan, misalnya jam berapa biasanya traffik website banyak yang masuk, kontent web apa yang paling diminati, dan sebagainya