5 Manfaatkan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

, , Comment closed

Selain mengikuti asuransi kesehatan terbaik, hal apa lagi yang biasa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan? Mungkin mayoritas dari Anda akan menjawab dengan menjaga makanan dan rajin berolahraga. Namun, percayakah Anda bahwa dengan mendengarkan musik, kita juga dapat menjaga kesehatan?

Coba hitung , dalam sehari, berapa kali Anda mendengarkan musik? Tanpa musik, mungkin hari Anda akan menjadi kurang bersemangat dan membosankan. Namun dengan mendengarkan musik kesukaan Anda, mungkin Anda akan menjadi lebih senang dan semangat. Nah, itu hanya salah satu manfaat musik bagi kesehatan, yaitu memperbaiki suasana hati. Lantas apa saja manfaat

mendengar musik

mendengar musik

lain musik yang bisa dirasakan oleh tubuh?

  • Mengurangi Tekanan Darah

Ternyata, orang-orang yang suka mendengarkan musik bertempo pelan dan lembut dapat mengontrol diri untuk mengurangi tekanan darahnya. Menurut penelitian, mendengarkan musik klasik selama 30 menit dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan.

  • Meningkatkan Fokus

Menurut sebuah penelitian, musik dengan irama cepat dapat merangsang gelombag otak untuk bersonansi selaras dengan irama. Hal ini akan membuat otak Anda menjadi lebih mudah berkonsentrasi. Akan tetapi, hati-hati dengan musik yang cenderung sangat emosional dan yang kurang Anda sukai. Sebab kedua musik tersebut justru bisa mengalihkan fokus Anda saat bekerja.

  • Mengatasi Stres

Pasalnya, terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa orang yang mendengerakan musik favoritnya selama 30 menit dapat menjadi lebih santai meskipun akan menghadapi hal menegangkan, seperti operasi misalnya. Karena itu, jika Anda sedang merasa cemas atau stres, cobalah untuk mendengarkan musik favorit Anda agar dapat merasa lebih tenang.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Ternyata bernyanyi dan mendengarkan musik juga dapat berpengaruh terhadap daya ingat penderita gangguan alzheimer ringan. Selain memperbaiki daya ingat, menyanyi dan mendengarkan musik dapat mengurangi depresi dan bermanfaat bagi kesehatan jiwa bagi para penderita gangguan ingatan.

  • Mengatasi Rasa Nyeri

Dilansir dari klikdokter, sebuah penelitian di tahun 2013 juga menunjukan bahwa pasien anak-anak di ugd dapat merasakan rasa nyeri yang lebih sedikit dbandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik.

Ternyata banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh hanya dengan mendengarkan musik bukan? (Rima)