5 Manfaat Berenang Untuk Bayi

, , Comment closed

Saat ini, mengajak anaknya yang masih bayi untuk berenang sudah menjadi hal umum yang diilakukan. Bahkan, hal ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh beberapa orangtua zaman sekarang. Biasanya, orangtua akan membawa bayinya ke sebuah tempat khusus yang menyediakan kolam renang khusus bayi, bukan ke waterboom di Jakarta yang dilengkapi banyak wahana. Sebab, kolam renang seperti itu cenderung ramai dan akan lebih berbahaya bagi bayi.

Tentunya, keputusan orangtua untuk mengajak bayi berenang memiliki dasar, yaitu manfaat dari kegiatan ini untuk bayi, seperti yang dikutip dari situs hamil.co.id berikut ini:

  • Emosional

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, bayi berenangberenang dapat meningkatkan mood dan juga mengurangi kecemasan pada bayi. Selain itu, CDC juga mengungkapkan bahwa bayi yang berlatih renang akan dapat mengalami peningkatan mood yang baik secara keseluruhan.

  • Kesehatan

Berenang ternyata bisa sangat bermanfaat untuk bayi yang mengalami masalah kesehatan, seperti arthritis, asma, dan obesitas. Sebab, pada saat berenang bayi akan menggerakkan seluruh anggota badannya tanpa membebani satu bagian tertentu. Seingga kegiatan ini akan menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan melakukan olahraga atau kegiatan lainnya. Namun, untuk beberapa penyakit lain yang cenderung berisiko, akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan kegiatan ini.

  • Kecerdasan

Berenang bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kecerdasar, konsentrasi, kewaspadaan, dan juga kemampuan perseptual. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan kemampuan visual motorik bayi.

  • Keberanian

Dengan melakukan kegiatan berenang sejak masih bayi, anak akan mengenal air sejak dini sehingga tidak akan mengalami pobia dengan air. Namun, berhati-hatilah dengan hal ini, sebab Anda harus memperkenalkan air pada bayi dengan cara yang tepat. Sebab, jika sampai Anda melakukan kesalahan dan justru membuat anak menjadi trauma, bisa menjadi sumber ketakutan anak pada air.

  • Keseimbangan

Berenang dapat meningkatkan keseimbangan dan juga koordinasi bayi. Menurut hasil studi yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Universitas Sains dan Teknologi di Norwegia, bayi yang rutin berenang akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu, bayi juga dapat memahami objek dengan lebih mudah.

Cukup banyak yaa manfaatnya bagi bayi. Namun, jika Anda sebagai orangtua masih merasa ragu dengan keamanan bayi jika mengajaknya berenang, bisa membawanya ke tempat khusus yang menyediakan fasilitas kolam renang untuk bayi. Di sana, ada beberapa ahli yang sudah berpengalaman sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan bayi. (Vita)