5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Diving!

, , Comment closed

diver

Diving

Indonesia terkenal sekali dengan keindahan lautnya. Tidak jarang yang mejadikan beberapa laut di Indonesia menjadi destinasi berlibur untuk diving, menikmati keindahan dunia bawah laut secara langsung. Namun menjadi seorang diver sangatlah sulit, tidak seperti snorkeling yang cukup membutuhkan waktu beberapa jam untuk latihan. Diving berarti kamu akan menyelam kedalam laut lepas. Diving juga jelas berbeda dengan berenang di wahana air di Jakarta, ada aturan-aturan yang wajib dipahami untuk keselamatan diri juga lingkungan laut. Untuk memiliki kesempatan diving di laut lepas, meskipun ditemani seseorang yang pro, kamu wajib memiliki surat ijin khusus untuk diving. Ini menunjukan bahwa tidak semua orang diperbolehkan untuk diving tanpa keahlian khusus atau pengawasan yang tepat.

Berikut ada 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum diving!

  1. Do not touch anything – watch your fins also!

Meskipun indah, kamu tidak boleh untuk memegang satwa bahwa laut atau terumbu karang yang ada. Ini adalah hal yang harus kamu pahami dengan baik, karena perilaku yang suka menyentuh satwa dan tumbuhan bawah laut bisa saja menjadi pengaruh besar dalam ekosistem laut. Selain itu selalu perhatikan fins renang, jangan sampai kamu tidak sengaja menendang hewan atau terumbu karang disekitar kamu. Keindahan laut cukup dilihat saja dan didokumentasikan, tidak perlu disentuh karena bisa merusak dan mempengaruhi kesempatan generasi selanjutnya untuk menikmati keindahan laut yang ada.

  1. Listen to the instructor

Selalu dengarkan dan pahami apapun yang diajarkan oleh instruktur. Ini untuk mencegah adanya kesalahpahaman atau kekurangan informasi saat diving. Salah paham informasi atau salah tangkap informasi bisa menjadi masalah yang besar ketika diving berlangsung dan dapat mempengaruhi keselamatan kamu. Selalu pastikan bahwa diri kamu sudah cukup paham dengan semua ajaran yang sudah diberikan oleh instruktur. Selain itu juga mulai belajar bahasa isyarat, ini untuk membantu kamu untuk berkomunikasi dibawah laut.

  1. Always keeps track your air – don’t hold your bubbles!

Selalu monitor oksigen yang kamu punya untuk keselamatan kamu. Jangan pernah malas untuk mengatur oksigen kamu. Selain itu, kesalah yang sering dilakukan oleh diver adalah menahan napas untuk menyimpan oksigen yang lebih banyak supaya bisa diving lebih lama. Jelas ini sangat membahayakan diver, jangan pernah menahan napas apapun alasannya!

  1. Wear the complete and right dive gear

Pastikan perlengkapan diving kamu sesuai dengan ketentuan yang ada dan juga harus lengkap. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika menyelam. Kekurangan satu item bisa menjadi masalah yang besar.

  1. Make sure you are ready – avoid panick attack

Diving membutuhkan mental yang kuat, karena kamu akan berada di lingkungan yang baru, dimana kamu tidak bisa bergerak dan bernapas seperti normalnya. Lingkungan yang baru ini bisa menjadi alasan kamu untuk mendapatkan panick attack meskipun kamu tidak memiliki panick disorder. Oleh karena itu kamu harus memastikan bahwa mental dan fisik kamu siap untuk diving, karena panick attack bisa membuat kamu mengambil keputusan yang salah disaat yang genting. Persiapan untuk diving bisa memakan waktu yang sangat lama, dan kamu harus bersabar sebelum diri kamu sudah siap!

Sekian adalah 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum diving! Semoga bermanfaat! (Della)